Home Kabupaten Purbalingga 12 Personil Kepolisian Latih Baris Berbaris

12 Personil Kepolisian Latih Baris Berbaris

888
0
Personil dari Polsek Kaligondang saat mengajarkan baris-berbaris saat agenda MPLS.

PurbalinggaNews – Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Kaligondang menerjunkan 12 personil untuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) peserta didik baru SMK Negeri 1 Kaligondang. PBB yang diajarkan pada siswa baru merupakan PBB dasar yang harus diketahui dan dipahami oleh para siswa.

“Kami dari kepolisian ini ingin menciptakan budaya disiplin para siswa di SMK Negeri 1 Kaligondang ini,” kata Wakil Kepala (Waka) Polsek Kecamatan Kaligondang, Nurdiyanto saat ditemui di sela-sela kegiatan PBB di SMK Negeri 1 Kaligondang, Senin siang (16/7).

Polsek Kaligondang sendiri sebelumnya mendapatkan surat dari SMK Negeri 1 Kaligondang supaya memberikan materi terkait PBB dasar. Pelaksanaan PBB sendiri berlangsung satu hari yakni pada pukul 10.30 hingga 14.30.

BACA JUGA   Ngegosip, Program Unggulan RGS di Bulan Ramadhan

“Siswa baru ini dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing sudah ada penanggung jawabnya dari pihak kami (Polsek Kaligondang, Red),” ujar Nurdiyanto.

PBB yang diselenggarakan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimaksudkan untuk menumbuhkan kedisiplinan siswa dan membiasakan untuk disiplin. Sehingga nantinya pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) peserta didik mampu mengikuti dengan baik.

“Kalau dari awal sudah diajarkan baris berbaris, ini akan melatih mereka supaya mampu hidup disiplin,” ungkapnya.

Tidak hanya SMK Negeri 1 Kaligondang saja yang mendapatkan pembinaan PBB dari Polsek Kaligondang. SMP Negeri 1 Kaligondang juga mengirimkan surat permohonan kepada Polsek Kaligondang untuk memberikan materi pada MPLS.

“Surat yang sudah masuk satu SMK Negeri 1 Kaligondang dan SMP Negeri 1 Kaligondang agar dari Polsek Kaligondang untuk memberikan materi PBB,” terang Nurdiyanto.

BACA JUGA   Apoteker Harus Turut Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Dengan PBB yang dilakukan oleh pihak Polsek Kaligondang ini, harapannya dapat menjadi sarana komunikasi antara kepolisian dengan siswa baru. Pada PBB yang diajarkan pula, menurutnya tidak mengandung unsur militer.

“Semua PBB yang kami (Polsek Kaligondang, Red) ajarkan kepada peserta didik baru ini tidak mengandung unsur kemiliteran, semua kami lakukan untuk pemahaman dan memunculkan disiplin di diri siswa,” tandasnya. (PI-7)