Home Kabupaten Purbalingga 13 Sekcam Dilantik Jadi Ketua Pengurus PMI Kecamatan

13 Sekcam Dilantik Jadi Ketua Pengurus PMI Kecamatan

617
0
Pelantikan para sekcam sebagai Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan, Selasa (15/9) di halaman Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

PurbalinggaNews – Sebanyak 13 Sekretaris Camat di Kabupaten Purbalingga resmi dilantik sebagai Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan, Selasa (15/9) di halaman Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Selain itu juga dilaksanakan pengukuhan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Sementara itu, 5 kecamatan lainnya di Purbalingga telah ada pengurus dan Tim Sibat yang dikukuhkan sebelumnya. Pelantikan dan pengukuhan tersebut bertepatan dengan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke 73 PMI Kabupaten Purbalingga.

Untuk para Pengurus PMI Kecamatan diminta dapat melaksanakan AD/ART PMI, melaksanakan tugas Kepalangmerahan, melaporkan pelaksanaan dan mempertanggungjawabkan seluruh pelaksanaan tugasnya kepada PMI Kabupaten.

Sedangkan peran dari Tim Sibat, PMI Kabupaten Purbalingga dalam melaksanakan tugasnya dapat dibantu oleh tim ini. Khususnya mengenai penanggulangan bencana, serta tindakan-tindakan lain dalam mengurangi dampak bencana yang akan terjadi atau ditimbulkan di lingkungan atau di lokasi tempat tinggal yang rawan bencana.

Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengucapkan selamat HUT Ke 73 kepada PMI. “Semoga dengan ulang tahun ini keberadan PMI, betul-betul dirasakan oleh masyarakat dan betul-betul memberikan kemaslahatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga membacakan sambutan dari Plh Ketua Umum PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita tentang ‘Totalițas dałam Membantu Sesama’. “Kalimat yang cukup pendek, namun sangat bermakna artinya. Kalimat itulah yang menggambarkan jiwa dan raga para relawan Palang Merah Indonesia yang tak kenal lelah membantu sesama,” katanya.

Ia menyebutkan, bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok baru-baru ini mengakibatkan korban meninggal hingga 560 orang, 7 ribu lebih orang terluka, serta 390 ribu lebih orang mengungsi. Dałam bencana ini, PMI telah kehilangan dua relawan, Zullhadi dan Afni Fastabiq Strata Utama yang gugur dałam melaksanakan tugas. Kehilangan mereka membangkitkan kesedihan luar biasa, namun sebagai pahlawan kemanusiaan juga menjadi kebanggaan bagi seluruh relawan PMI di tanah air.

Ia mengajak untuk menjadikan peringatan HUT PMI kali ini sebagai momentum untuk menjunjung tinggi solidaritas dan semangat kepahlawanan para relawan. Apresiasi juga kita berikan kepada para relawan dengan digelarnya Temu Karya Relawan Nasional PMI ke VI bertepatan di HUT kali ini.

“Semoga semangat para relawan ini dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi masyarakat, terutama generasi muda dan khususnya warga PMI dałam menjalankan tugas kemanusiaan yang tulus dan ikhlas dengan sebaik-baiknya,” tuturnya. (Gn/Humas)