Home Kabupaten Purbalingga 200 Peserta Ikuti Lomba Ketangkasan Becak

200 Peserta Ikuti Lomba Ketangkasan Becak

594
0
Salah satu peserta ketangkasan becak bersiap untuk unjuk kebolehan

PurbalinggaNews – Sebanyak 200 tukang becak mengikuti lomba ketangkasan becak di jalan Alun-alun Purbalingga, Minggu (26/8). Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga ini merupakan bagian dari memeriahkan perungatan HUT Ke 73 Kemerdekaan RI.

Kepala Dinhub Kabupaten Purbalingga R Imam Wahyudi SH MSi, selain memeriahkan, kegiatan ini juga memberi beberapa manfaat khususnya kepada tukang becak. “Pertama, lomba-lomba ini memberi manfaat sosial sebagai silaturahmi baik sesama antara tukang becak maupun dengan pemerintah,” katanya.

Menurut Imam, manfaat lain yang juga didapatkan dari lomba ini adalah melatih ketangkasan para tukang becak dalam berlalu-lintas, baik dalam hal manuver maupun ketaatan terhadap rambu-rambu. Oleh karena itu, dalam perlombaan ini Dinhub juga bekerjasama dengan Satlantas Polres Purbalingga yang turut meng-guide pelaksanaan lomba.

BACA JUGA   Aktif Kembali, Pondok Pemuda Dikelola Pokdarwis Abyudaya Kutabawa

“Lomba ini juga sebagai ajang kampanye keselamatan berlalu-lintas bagi para tukang/pengemudi becak,” katanya.

Beberapa hal yang menjadi aspek penilaian dalam lomba ini diantaranya ketangkasan bermanuver, perlengkapan aspek keselamatan dan waktu tempuh putaran. Sementara itu kategori yang dilombakan kali ini terdiri dari kategori usia 17 – 50 tahun, usia 51– 60 tahun, dan usia 61 tahun ke atas. Adapun hadiah yang seberikan untuk masing-masing kategori yakni Rp 750.000 untuk Juara 1, Rp 500.000 untuk Juara II dan Rp 350.000 untuk juara III.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon yang hadir bersama Suami Rizal Diansyah pada acara penutupan menyampaikan bahwa lomba ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemkab Purbalingga setiap tahunnya. “Di sini kita belajar bahwa ternyata bapak-bapak yang sudah sepuh usianya lebih dari 60 sepuh masih enerjik semangat mencari rezeki dan masih memiliki kekuatan untuk mengemudi ketangkasan becak ini,” katanya.

BACA JUGA   Dinnaker Adakan Bimtek Bagi Perusahaan di Purbalingga

Plt Bupati Tiwi juga menyampaikan, tahun ini Pemkab Purbalingga juga telah mengalokasikan dana hibah khusus untuk para tukang becak se-Purbalingga yang dikordinatori oleh Paguyuban Arisan Tukang Becak Purbalingga (Artabangga). Bantuan hibah tersebut rencanannya akan digunakan untuk merintis usaha yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai tambahan penghasilan para tukang becak ini. Pada kesempatan kali ini, Pemkab Purbalingga juga mebagi-bagikan Beras Purbalingga (Rasbangga) kepada 200 tukang becak masing-masing 5 Kg.

‘Semoga bantuan ini banyak memberi manfaat. Semoga ke depan Pemkab Purbalingga bisa berkontribusi lebih banyak lagi untuk abang-abang becak se-Purbalingga ini,” ungkapnya.(Gn/Humas)