Home Kabupaten Purbalingga 250 Anak PAUD Semarakkan Baksos dan Jalan Sehat

250 Anak PAUD Semarakkan Baksos dan Jalan Sehat

624
0
Baksos yang diadakan PAUD Nurul Umahaat di Aula Kecamatan Karangmoncol, Selasa (1/5).

PurbalinggaNews – Sebanyak 250 anak pendidikan anak usia dini (PAUD) Nurul Umahaat, Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol menyemarakkan hari ulang tahun yang ke 10 dengan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dan Jalan sehat. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh para alumni PAUD Nurul Umahaat dari angkatan pertama sama angkatan ke 10, dengan tema bersama keluarga mendidik generasi emas menuju kejayaan Indonesia.

Pengelola PAUD Nurul Umahaat (NU), Siti Munifah mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendidik anak agar peka terhadap lingkungannya. Kemudian guna mempererat tali persaudaraan antar keluarga besar PAUD NU. Dengan ada kegiatan jalan sehat diharapkan dapat membangun generasi yang sehat dan cerdas serta meningkatkan prestasi.

BACA JUGA   2018, Pemkab Purbalingga targetkan PAD sebesar Rp 256,52 Miliar

“Baksos yang kita laksanakan juga mendorong agar anak-anak PAUD bisa selalu berbagi yakni dengan selalu bersedekah terhadap sesama,” katanya disela-sela kegiatan baksos di Aula Kecamatan Karangmoncol, Selasa (1/5).

Selama 10 tahun, menurut Munifah PAUD NU telah meluluskan sekitar 250 anak didik yang berasal dari Karangmoncol juga dari luar Karangmoncol. Hal tersebut menunjukkan eksistensi dan kredibilitas yang patut dibanggakan, sehingga masyarakat mempercayakan anak-anaknya untuk dididik oleh PAUD NU. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi mampu serta dari yang belum paham menjadi mengerti. ” Pendidikan di PAUD NU, juga lebih mengutamakan pengembangan karakter terutama spiritualitas dan kemampuan bersosialisasi antar anak, antar guru dan antar orang tua,” tambahnya.

BACA JUGA   Jalan Jenderal Sudirman, Jadikan Kawasan Tertib

Sedangkan Camat Karangmoncol, Titis Panjer Rahino mengatakan keberadaan PAUD sangat dibutuhkan oleh masyarakat yakni dalam mengembangkan pendidikan terutama pendidikan karakter, yang mana karakter seorang anak akan mempengaruhi kedewasaannya kelak. Dengan pola asuh yang baik diharapkan dapat tumbuh generasi emas di duapuluh tahun mendatang. Generasi emas akan memunculkan para pemimpin yang baik, berkualitas dan bermartabat.

“Untuk itu saya berpesan kepada seluruh guru PAUD agar selalu meningkatkan kompetensinya, baik melalui diklat, kursus atau seminar agar pengembangan kurikulum PAUD sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Pengembangan kreativitas dalam mengajar lanjut Titis juga menjadi penting agar anak didik bisa memahami ilmu yang diajarkan. Seperti menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, sehingga anak didik tidak merasa jenuh, dan PAUD menjadi wahana bermain yang baik, sebagaimana slogan PAUD yakni bermain sambil belajar.

BACA JUGA   Kualitas Premium, Melon Karangpucung Siap Dipasarkan

“Dan saya berharap PAUD NU kedepan semakin baik, semakin maju dan menjadi rujukan pendidikan PAUD di Kecamatan Karangmoncol bahkan di Purbalingga,” ujarnya (PI-2)