Home Kabupaten Purbalingga 38 Tahun, Dekranasda Siap Majukan Dunia Kerajinan dan UMKM

38 Tahun, Dekranasda Siap Majukan Dunia Kerajinan dan UMKM

785
0
Ketua Dekranasda Erni dan para pengurus membaca doa dalam HUT Dekranasda ke 38, bertempat di Wapo Kebon Kelapa, Jum'at (23/3).

PurbalinggaNews – Dengan semakin pentingnya keberadaan industri kerajinan sebagai sarana pencarian pendapatan, tokoh masyarakat seni budaya dan kerajinan harus menggugah untuk mengembangkan bidang kerajinan. Seperti yang dikatakan Ketua Dekranasda Kabupaten Purbalingga Erni Widyawati Tasdi dalam acara Rapat Koordinasi Pengurus Dekranasda sekaligus merayakan HUT Dekranasda ke-38, bertempat di Wapo Kebon Kelapa, pada Jum’at (23/3).

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pengrajin, pada akhir Juli 2018 akan diadakan kegiatan pembinaan ke 250 orang pengrajin di desa dengan kategori zona merah. Saya  mohon bantuan dari Dinkop UKM selaku dinas pengelola UMKM untuk bekerjasama dalam kegiatan tersebut” kata Erni.

Erni mengapresiasi dukungan dan peran aktif para pengurus Dekranasda dan pihak terkait atas suksesnya program kerja di tahun 2017, salah satunya populernya motif Batik Goa Lawa.

BACA JUGA   Musim Penghujan Tiba, Dinkes Giatkan PSN

“Saya sangat mengapresiasi dukungan dan peran aktif bapak ibu, terbukti dengan mulai populer dan berkembangnya motif batik Goa Lawa saat ini yang merupakan wujud hasil Lomba Desain Motif Batik yang diselenggarakan oleh Dekranasda di tahun 2016 lalu” ungkap Erni.

Erni melanjutkan, pada tahun 2018, Kegiatan Fasilitasi Kegiatan Dekranasda dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Purbalingga mendapatkan alokasi anggaran sebesar 400 juta rupiah.

“Pada momen HUT Dekranasda ke-38 ini, saya mohon dukungan Bapak dan Ibu semuanya selaku jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Purbalingga untuk senantiasa bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan Dekranasda tahun 2018 ini, demi sukses dan majunya dunia kerajinan dan pelaku UMKM di Kabupaten Purbalingga” lanjut Erni.

BACA JUGA   Bela Negara Tidak Hanya Dilakukan dengan Kekuatan Fisik

Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga Edi Suryono menyampaikan, kegiatan pembinaan Dekranasda kepada 250 perajin di tingkat desa dengan kategori zona merah akan dilaksanakan di desa-desa di 4 kecamatan.

“Pembinaan akan dilakukan di Kecamatan Bobotsari meliputi Desa Tlagayasa dengan jumlah perajin 399 dan Desa Talagening 310 UMKM, Kecamatan Karangjambu di Desa Jingkang 143 UMKM, Kecamatan Karangreja di Desa Gondang 169 UMKM, Kutabawa 486 UKM, dan Desa Tlahab Kidul 420 UMKM, Kecamatan Mrebet di desa Sangkanayu 472 UMKM, Mrebet 366 UMKM, dan Binangun 355 UMKM” papar Edi.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Dekranasda Erni Widyawati Tasdi, Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Widiyono, Kepala Bapelitbangda Yani Sutrisno, Kepala Dinkopukm Budi Susetyono, dan Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga Edi Suryono tersebut, diakhiri dengan pemotongan tumpeng dalam rangka Hari Ulang Tahun Dekranasdasecara simbolis yang diberikan Ketua Dekranasda Erni kepada Ketua Harian Dekranasda Widiyono. (PI-9)

BACA JUGA   PMR SMA N 1 Purbalingga Bakal Gelar BFAI