Home Kabupaten Purbalingga 4 Pesan Germas

4 Pesan Germas

1339
0
Sekretaris Dinas Kesehatan Purbalingga, Umar Faozi pada saat membuka work shop pelaksanaan kampanye Germas tingkat Kabupaten Purbalingga di Meeting Room Balai Apoeng, Bojongsari, Senin (26/3).

PurbalinggaNews – Ada 4 pesan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang perlu diperhatikan oleh seluruh komponen masyarakat dan pemerintah. Pertama aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Kedua mengkonsumsi buah dan sayuran. Ketiga cek kesehatan secara teratur terkait asam urat, gula darah, kolesterol dan lain-lain. Keempat istirahat cukup dengan prilaku hidup bersih yakni menghindari rokok.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Purbalingga, Umar Faozi pada saat membuka work shop pelaksanaan kampanye Germas tingkat Kabupaten Purbalingga. Kegiatan workshop diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Meeting Room Balai Apoeng, Bojongsari, Senin (26/3).

H.L. Bloem kata Umar telah mengidentifikasi derajat kesehatan dipengaruhi 4 faktor yakni perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan lingkungan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen masyarakat. Untuk itu Germas menjadi pilihan dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.

“Germas juga merupakan perwujudan dari program revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” tambahnya.

Umar juga menjelaskan saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung dan diabetes. Dampak meningkatkan kejadian PTM berimbas pada peningkatan pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah serta menurunnya produktivitas masyarakat.

“Pencanangan Germas tingkat nasional telah kita laksanakan pada 12 November 2016, di Lapangan Monumen Jenderal Soedirman. Kegiatan Germas juga telah kita lakukan di tingkat kecamatan setiap bulannya. Dari kegiatan tersebut kita berharap Germas menjadi budaya masyarakat di Purbalingga,” katanya.

Pada kegiatan tersebut juga didatangkan tiga pemateri yakni dari Plt.Kabag Hukum Setda Purbalingga Imam Hadi yang mengambil tema Aspek Legalitas Germas di Purbalingga. Kedua dari Dinkes Provinsi, Winarno dengan mengambil tema kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan tahun 2018 dan Kebijakan dan strategi kegiatan promkes dan PM tahun 2018 dari Dinkes Provinsi. Materi ketiga tentang kegiatan Germas di Purbalingga dari Dinkes Kabupaten Purbalingga yang diampu Kabid Kesmas Yacobus Yuwono. (PI-1)