Home Kabupaten Purbalingga 6 Siswa SMK Negeri 2 Purbalingga, Lakukan Prakerin Kewirausahaan

6 Siswa SMK Negeri 2 Purbalingga, Lakukan Prakerin Kewirausahaan

999
0
Proses pengemasan

 

PurbalinggaNews, Sebanyak 6 siswa kelas 11 jurusan Agribisnis Perikanan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Purbalingga, melakukan praktek kerja industri (Prakerin) kewirausahaan. Prakerin tersebut dengan memproduksi berbagai olahan makanan berbahan ikan, yang dijajakan di berbagai wilayah di Purbalingga.

Salah satu siswa prakerin, Indri Rustantiningsih, mengatakan, aneka olahan makanan yang diprokduksi diantaranya, nugget dan kaki naga yang dibuat menggunakan ikan kuniran. Bahan yang digunakan menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas serta tidak berpengawet. Makanan olahan tersebut awet untuk 1 hari sejak pembuatan, kalau di masukan ke freezzer bisa sampai 1 minggu.

“ Pembuatan serta pengemasan nugget dan kaki naga dilakukan di unit produksi SMK Negeri 2 Purbalingga. Setelah dilakukan pengemasan kemudian dilakukan pemasaran yang dibagi menjadi 3 kelompok,” katanya di sela sela menjajakan olahan makanan berbahan ikan saat di LPPL Radio Gema Soedirman, Rabu (24/7).

BACA JUGA   Jalani 21 Jenis Pendidikan, 540 Kader Bela Negara Dikukuhkan

Tia Pramudita yang satu kelompok dengan Indri mengatakan penjualan dilakukan disekitar wilayah Purbalingga dan Purwokerto. Masing-masing kelompok dapat memasarkan produk olahan yang dijajakan hingga 20 bungkus perhari, dimana per bungkus ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni 15 ribu rupiah perbungkus.

“ Dari prakerin tersebut banyak pelajaran yang didapat yakni dari proses pengolahan, pengemasan serta penjualannya. Hal tersebut memotivasi kami untuk bisa menjadi wirausaha dalam pengolahan makan berbahan baku ikan, setelah lulus nanti,” katanya.

Tia menceritakan, bahan baku yang digunakan antaralain ikan kuniran, tepung tapioka, telur, minyak, mrica, bawang putih, bawang merah, gula. Bahan-bahan tersebut diaduk dengan mixer kemudian di bentuk bulatan, setelah itu ditaburi tepung panir dan dikukus. Setelah dingin dilakukan pengemasan dan dijual dengan lebel produk Ikan-Q. (PI-2)

BACA JUGA   Guru PTT Dan GTT Diusulkan Menjadi PPPK