Home Kabupaten Purbalingga 63 Peserta Duta Wisata Ikuti Tes Tertulis dan Wawancara

63 Peserta Duta Wisata Ikuti Tes Tertulis dan Wawancara

900
0
Seleksi tertulis dan wawancara Kakang Mbekayu Purbalingga di Ruang Andrawina, Owabong Cottage, Selasa (28/8).

PurbalinggaNews – Sebanyak 63 peserta duta wisata yang terdiri dari 35 calon Kakang dan 28 calon Mbekayu mengikuti seleksi tertulis dan wawancara untuk memilih 20 Kakang dan 20 Mbekayu terbaik. Seleksi tertulis dan wawancara dilakukan di Ruang Andrawina, Owabong Cottage, Selasa (28/8).

“Kita pilih 20 putra dan 20 putri untuk masuk final, setelah tahapan ini nanti masih ada lagi paparan tentang kepariwisataan,” kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pengembangan Wisata pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Tri Nuryanto saat ditemui di tempat seleksi, Selasa (28/8).

Wawancara yang dilakukan oleh para peserta duta wisata mencakup kepribadian, pengetahuan dan kemampuan Bahasa Inggris dan Kepariwisataan. Peserta Duta Wisata Tahun 2018 nantinya tidak hanya memiliki penampilan yang menarik tetapi harus memenuhi kriteria 3B yakni Brain, Behaviour, and Beauty (Kecerdasan, Tingkah Laku dan Kecantikan, Red).

BACA JUGA   Iuran Sukarela, PGRI Purbalingga Beli Tanah Rp 325 Juta

“Jadi kecantikan tidak menjadi penilaian utama tapi peserta harus bisa memadukan tiga unsur tadi kecerdasan, kecantikan, sikap/tingkah laku,” jelas Tri Nuryanto.

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Prayitno yang sekaligus salah satu juri wawancara menyampaikan kriteria penilaian pada seleksi wawancara mengacu pada Dinporapar Provinsi Jawa Tengah. Standar penilaian tersebut meliputi kepariwisataan,peserta menjelaskan bagaimana upaya promosi wisata dan kaitannya dengan sapta pesona wisata.

“Kemampuan bahasa inggris karena kalau promosi wisata ke luar negeri itu butuh orang yang pandai berbahasa Inggris, kalau hanya berbahasa Indonesia aja mungkin segmennya masih segmen regional,” imbuh Prayitno.

Selain itu, pada saat wawancara peserta Kakang Mbekayu Purbalingga juga akan dinilai dari segi kepribadiannya. Dari ketiga aspek penilaian tersebut, Duta Wisata Purbalingga nantinya diharapkan tidak hanya berkiprah di Purbalingga saja tetapi bisa melenggang hingga Tingkat Jawa Tengah bahkan Tingkat Nasional.

BACA JUGA   SMKN Kutasari Juarai Turnamen Sepakbola Wakil Bupati Purbalingga Cup 2016.

“Dari peserta yang sudah diwawancarai hampir semua peserta bisa menyampaikan idenya lebih matang dan terarah,” ungkap Prayitno.

Setelah terpilih 40 peserta Duta Wisata yang terdiri dari 20 Kakang dan 20 Mbekayu tahapan selanjutnya yakni karantina. Pada tahapan ini 40 peserta diminta membuat paparan dengan tema kepariwisataan yang dipaparkan oleh masing-masing peserta pada tanggal 30 Agustus mendatang dilanjutkan dengan uji bakat peserta.

“Untuk paparan kita mengambil empat tema makalah pemasaran pariwisata, industri pariwisata, pengembangan pariwisata dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata. Kemudian ada unjuk kebolehan jadi masing-masing peserta menunjukan talentnya,” terangnya.

Ada tiga dewan juri yang ditugaskan untuk mewawancarai peserta Duta Wisata Purbalingga Tahun 2018. Ketiga dewan juri tersebut yakni Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Finalis Putri Indonesia dari Kalimantan Tengah Tahun 2018 dan Duta Wisata Indonesia Tahun 2018.

BACA JUGA   Sidak Ke SKPD Bagian Dari Survei

“Jurinya sebenarnya dari Provinsi Jawa Tengah tapi kebetulan hari ini tidak hadir jadi diwakilkan pada saya (Kabid Pariwisata Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Red), ada Episcia Puspita Lautt yang juga finalis Putri Indonesia dari Kalimantan Tengah dan Putri Amalia Rizkina dulunya Juara 1 Mbekayu Purbalingga Tahun 2009 yang juga meraih juara 1Duta Wisata Tingkat Nasional,” pungkas Prayitno. (PI-7)