Home Kabupaten Purbalingga 69 Persen Naker Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja

69 Persen Naker Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja

462
0

PurbalinggaNews – Kepesertaan tenaga kerja (naker), khususnya para pekerja/buruh perusahaan di Purbalingga untuk masuk dalam jaminan kecelakan kerja (JKK) baru mencapai 69 persen. Pengusaha diminta agar karyawan/pekerjanya agar diikutkan dalam jaminan tersebut.

“Untuk itu, pengusaha diminta, agar kepesertaan naker  agar ikut JKK terus ditingkatkan hingga mencapai 100 persen.  Karena selain memberikan kompensasi dan rehabilitasi saat bekerja dengan ikut JKK, naker yang mengalami kecelakaan kerja, baik saat berangkat kerja maupun sampai kembali di rumah mendapatkan jaminan/santunan,”tutur Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto, di Pendapa Dipokusumo, Kamis (12/3) saat pertemuan dengan jajaran pimpinan cabang Badan Penyelenggara Jaminan Kesejahteraan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Propinsi Jawa Tengah.

Sukento juga meminta, ketika pekerja mengalami musibah/kecelakan kerja, dalam mengurus/mengklaim jaminan supaya dimudahkan.

“Saya minta, agar saat mengalami kecelakaan. Ketika akan mengurus jaminan atau klaim tersebut, agar lebih dimudahkan,”pintanya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Purbalingga menuturkan, bahwa pihaknya terus mengupayakan agar kepesertaan perusahanyang ada  di Purbalingga untuk ikut JKK terus dilakukan.

“Dengan berbagai upaya mulai daris sosialisasi dan mendatangi para pengusaha, terus dilakukan. Bahkan pemilik toko yang mempekerjakan tenaga kerja juga kami himbau, agar merek a memasukan pekerjanya dalam JKK. Sedangkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaandi Purbalingga yang baru 69 persen.  Itu merupakan tenaga kerja (naker) yang ada di perusahaan,”terangnya. (Sukiman)