Home Kabupaten Purbalingga 79 Tim Meriahkan Petualangan Pemuda

79 Tim Meriahkan Petualangan Pemuda

595
0
Plt. Bupati Tiwi saat membuka event Petualangan Pemuda di Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari, Minggu (14/10).

PurbalinggaNews – Sebanyak 79 Tim yang berasal dari siswa-siswi sekolah, organisasi kepemudaan serta instansi pemerintah memeriahkan petualangan pemuda. Kegiatan tersebut menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Yanuar Abidin guna ikut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda.

“Minggu kemarin kita sudah melakukan kegiatan lari maraton 10 K, kemudian hari ini kegiatan petualangan pemuda, dan Minggu depan kita laksanakan lomba  garak jalan 17 K,” ujarnya disela-sela kegiatan lomba petualangan pemuda di Lapangan Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari, Minggu (14/10).

Untuk memicu kegiatan petualangan pemuda lanjut Yanuar, Dinporapar menyediakan piala dan piagam serta uang pembinaan dengan total Rp 9 juta. Tim dinilai oleh tim juri yang berasal dari TNI dan Polri yang menilai 3 faktor yakni ketepatan waktu, keutuhan barisan, akumulasi nilai tiap pos, dimana ada lima pos.

BACA JUGA   Mencetak Anak Shalih Setegar Dan Setaat Ismail Dengan Tiga Faktor

“Dengan adanya petualangan pemuda diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda agar berkualitas untuk membangun Indonesia dimasa depan,” katanya.

Sedangkan salah satu peserta dari Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet mengatakan kegiatan petualangan pemuda sangat positif. Dikarenakan dalam petualangan pemuda tersebut Korwil Mrebet mengambil tema pelestarian lingkungan.

“Kami telah menyediakan tujuh batang pohon sirsak raja yang nantinya kita serahkan ke pihak desa agar bisa dilestarikan di wilayahnya. Sebagaimana kita tahu Desa Limbasari merupakan salah  Desa Wisata di Purbalingga, dengan adanya pelestarian lingkungan tersebut dapat mendukung potensi wisata desanya,” kata ketua tim Adi Setiadi yang juga guru di SDN 1 Selaganggeng.

BACA JUGA   Kliping Media

Plt.Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat membuka petualangan pemimpin mengatakan pemuda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat. Pemuda diharapkan dapat menjadi rule model dan mampu berkontribusi bagi pembangunan di Purbalingga.

“Pemuda bukan hanya jadi objek pembangunan namun menjadi subjek pembangunan,” katanya. Tiwi juga berpesan agar para pemuda selalu mengutamakan sportifitas didalam segala hal, agar kelak bisa menjunjung nama Purbalingga di mata dunia. (PI-2)