Home Uncategorized Bersepeda Sekaligus Berwisata ‘Purbalingga Memikat’

Bersepeda Sekaligus Berwisata ‘Purbalingga Memikat’

879
0
Plt. Bupati Tiwi beserta suami saat berpartisipasi dalam event Sepeda Wisata Purbalingga Memikat yang diadakan PD. Owabong, Minggu (5/8).

PurbalinggaNews – PD Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Minggu (5/8) menyelenggarakan Sepeda Wisata Purbalingga Memikat. Acara dengan start yang bertempat di kompleks parkir Andrawina Convention Center, Owabong, Bojongsari ini diikuti sekitar 6000 pesepeda yang datang dari berbagai penjuru kota, khususnya di Jawa.

Sepeda Wisata ini dibagi 2 rute perjalanan. Rute pertama adalah ‘Jelajah Desa’ sepanjang 40 Km. Rute ini melintasi beberapa desa khususnya Kecamatan Bojongsari dan Kutasari. Diantaranya Desa Metenggeng – Bumisari – Karangjengkol – Candinata – Karangcegak – Karangreja – Karangreja, Karangklesem – Kutasari – dan Karangbanjar. Rute ini banyak diikuti oleh pesepeda dari luar Purbalingga yang ingin mengenal lebih banyak objek wisata dan keindahan alam yang dilintasi.

Sedangkan rute ke dua adalah ‘Family Trip’ sepanjang 10 Km. Rute ini melintasi berbagai desa seperti Pagedangan – Metenggeng – Sumingkir – Pasar Kutasari – dan Karangbanjar. Rute ini merupakan jelajah ringan khususnya untuk refreshing keluarga.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon dalam sambutan pembukaanya meyampaikan kami mengucapkan selamat datang kepada peserta dari berbagai kota seperti, Pemalang, Semarang, Surabaya, Bali, Kebumen dan lainnya.

“Terimakasih untuk direktur Owabong, saya lihat antusiasmenya luar biasa padahal ini event yang pertama. Semoga ini bisa jadi event tahunan sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata di Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Tujuan dari acara ini, selain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia  juga sebagai ajang silaturahmi para pecinta olahraga sepeda, karena baik di Purbalingga maupun di sekitarnya banyak komunitas-komunitas sepeda.

“Sehingga pada ahari ini, kita kumpulkan jadi satu untuk sengkuyung bareng dalam sepeda wisata,” imbuhnya.

Plt Bupati Tiwi juga menyampaikan kaegiatan ini juga bagian dari ajang untuk promosi pariwisata. Karena nanti rute-rute yang dilintasi juga merupakan destinasi wisata dan desa wisata.

“Jadi sambil berolahraga sambil menikmati wisata-wisata yang ada di Purbalingga mudah-mudahan bapak ibu yang datang dari luar bisa turut menikmati dan bisa membantu untuk mempromosikan keindahan alam dan pariwisata di Purbalingga ini sepulangnya nanti dari sini,” tuturnya.

Adapun wisata atau keindahan alam yang dilintasi dalam sepeda wisata ini, khususnya untuk Rute ‘Jelajah Desa’ diantaranya Curug Duwur,  Limpak Pring, Kebun Bambu, Candinata, dan Situ Tirta Marta. Untuk registrasi dikenakan biaya Rp 35.000 termasuk undian, snack tradisional, free masuk Owabong dan berpeluang mendapatkan hadiah mobil. Sebagai hiburan juga ada special perform dari Steven & Coconut Treez. (Gn/Humas)