Home Kabupaten Purbalingga BPJS Kesehatan Sosialisasikan Mobile JKN

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Mobile JKN

1086
0
Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra berfoto bersama setelah berhasil melakukan registrasi ulang di Mobile JKN yang bertempat di Operation Room, Graha Adiguna, Jumat (19/3)

PurbalinggaNews – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mensosialisasikan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Aplikasi Mobile JKN sebagai salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan guna memudahkan menjadi peserta JKN-Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Terlebih di era digital saat ini, mobile JKN akan sangat membantu masyarakat terutama untuk mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan cepat,” kata Kepala Unit Manajemen Kepesertaan BPJS Kesehatan Purwokerto, Anif Saofika Pratama pada acara Sosialisasi Mobile JKN di Operation Room, Graha Adiguna, Jumat (16/3).

Anif menjelaskan masyarakat tidak perlu bersusah payah datang dan mengantri di Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Masyarakat hanya perlu menyediakan waktu untuk mengunduh aplikasi dan mempersiapkan data yang dibutuhkan saat mendaftar secara daring atau online.

“Cukup dengan men-download aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store, masyarakat dapat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS,” terangnya.

BACA JUGA   kliping media dinkominfo purbalingga 25 maret 2019

Informasi yang dipersiapkan, imbuhnya meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), kelas perawatan yang akan dipilih, alamat pengiriman kartu JKN-KIS dan fotokopi halaman pertama buku tabungan di bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Selain memudahkan untuk pendaftaran peserta JKN, Mobile JKN juga dapat digunakan untuk mengubah data kepesertaan, mengetahui data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagiahan iuran peserta serta mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan.

“Kemudahan terakhir yang bisa didapatkan dari mobile JKN ini, masyarakat dapat menyampaikan keluhan, pertanyaan jawaban seputar JKN-KIS,” tambah Anif.

Dalam aplikasi Mobile JKN tersedia berbagai fitur yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Fitur yang disediakan salah satunya Fitur Info JKN yang berisi tata cara pendaftaran, hak dan kewajiban serta sanksi bagi peserta.

BACA JUGA   Hujan Gerimis Iringi Upacara HUT Pramuka Ke-55

“Dalam info JKN juga ada fasilitas dan manfaat yang bisa didapatkan saat menjadi peserta JKN-KIS,” ujarnya.

Kemudian, Anif melanjutkan ada fitur lokasi yang berisi Kantor Wilayah, Kantor Cabang, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Tingkat Lanjut. Adapula fitur pembayaran, fitur catatan pembayaran, fitur ubah data peserta dan fitur pengaduan.

“Semua fitur yang ada dapat dinikmati kemudahannya hanya dalam genggaman Anda,” ungkap Anif.

Di akhir penyampaian, Anif meminta kepada peserta Sosialisasi JKN untuk mencoba mengunggah dan menggunakan aplikasi mobile JKN. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I), Agus Winarno yang hadir dalam sosialisasi tersebut juga mencoba aplikasi mobile JKN di gawai miliknya.

BACA JUGA   Covid Berlalu, Wisata Purbalingga Optimis Bangkit

“Ya, Asisten I sudah berhasil menggunakan aplikasi ini (Mobile JKN, Red) dan sudah melakukan registrasi ulang,” tutur Anif sambil mengecek langsung dan menunjukkan kepada peserta sosialisasi.

Seluruh peserta juga dipandu oleh karyawan BPJS Kesehatan untuk menginstal aplikasi Mobile JKN dan melakukan registrasi ulang sesuai dengan identitas pada KIS yang telah dimiki peserta. Peserta  yang berhasil melakukan registrasi ulang melalui Mobile JKN mendapatkan doorprize dari BPJS Kesehatan Purwokerto. (PI-7)