Home Kabupaten Purbalingga Bupati Tiwi : Pelaku Wisata Harus Kolaborasi Sambut Bandara

Bupati Tiwi : Pelaku Wisata Harus Kolaborasi Sambut Bandara

252
0

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta para pelaku wisata berkolaborasi untuk menyambut beroperasinya Bandara Jenderal Besar Soedirman. “Peluang besar ini harus disambut dengan kolaborasi seluruh stakeholder pariwisata, jangan sampai kita hanya menjadi penonton,” ujar Bupati Tiwi saat beraudiensi dengan jajaran pengurua Tourism Information Center (TIC) Purbalingga di Ruang Rapat Bupati, Senin (05/04).

Bupati menyampaikan seluruh stakeholder sektor wisata harus segera berbenah untuk menyiapkan 5 A, yaitu, aksesibilitas, atrakasi, aktivitas, akomodasi dan amenitas. “Seluruhnya harus sudah siap menjelang beroperasinya bandara pada 22 April ini, ” ujarnya.

Kemudian, Bupati Tiwi juga meminta pelaku wisata harus ‘go digital’. Era saat ini, dimana semua bisa diakses melalui gawai, pelaku wisata harus tanggap dan tidak gagap menghadapinya.

“Saya menugaskan Dinporapar untuk bisa membuat aplikasi wisata yang bisa menyajikan semua informasi wisata di Purbalingga dan mudah diakses wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur TIC Bambang Edy Siswondo menyatakan pihaknya siap berkolaborasi untuk memajukan pariwisata Purbalingga. TIC, kata Edy, sudah melakukan kegiatan secara swadaya yang mengkolaborasikan para pelaku wisata.

“Sebelumnya kami sudah menggelar sarasehan dan mengunjungi para pelaku-pelaku wisata. Semua menginginkan agar wisata Purbalingga segera bangkit,” ujarnya. (Kiki)