Home Kabupaten Purbalingga Bupati Tiwi : Wisata Harus Bangkitkan UMKM Lokal

Bupati Tiwi : Wisata Harus Bangkitkan UMKM Lokal

128
0
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi didampingi suami, Rizal Diansyah berkunjung ke Objek Wisata Kolam Renang Fik 2 di Desa Langgar, Kecamatan Kejobong, Minggu (15/1)

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi didampingi suami, Rizal Diansyah berkunjung ke Objek Wisata Kolam Renang Fik 2 di Desa Langgar, Kecamatan Kejobong, Minggu (15/1). Ia mendorong UMKM lokal bisa ikut tumbuh dan berkembang.

“Wisata ini juga bisa jadi etalase bagaimana mempromosikan produk UMKM. Biasanya orang habis renang itu capek dan lapar dan mencari makanan. Nah ini bisa jadi peluang bisnis kuliner masyarakat Desa Langgar,” kata Bupati Tiwi.

Apalagi Desa Langgar kategori desa miskin, maka, dengan wisata ini telah banyak menyerap tenaga kerja dan menggerakan perputaran ekonomi baru .

Bupati berpesan agar wahana wisata ini bisa dikelola dengan baik. Pemkab Purbalingga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinporapar) juga siap memberi fasilitasi peningkatan kualitas SDM. Baik itu pelatihan pemandu wisata dan lainnya, termasuk membantu mempromosikan wisata ke luar daerah.

BACA JUGA   4 Pesan Germas

Bupati juga berpesan pentingnya keberadaan lifeguard pada wisata berbasis air ini. “Tugasnya memonitor keamanan dan keselamatan, terlebih di sini banyak anak kecil,” katanya.

Bupati juga memberi saran agar objek wisata senantiasa bisa selalu eksis dan terjaga keberlangsungannya. Hal yang paling utama dilakukan adalah inovasi.

“Yang namanya wisata pasti membosankan kalau wahana nya itu-itu saja. Maka ide kreatifnya jangan sampai surut,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Prayitno menambahkan wisata ini juga perlu menerapkan unsur Sapta Pesona. “Diantaranya : Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan,” katanya.(Gn/HumproSetda)

Previous articleTingkatkan Motivasi Jelang Porprov, Enam Atlet Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Purbalingga
Next articlePenanganan Infrastruktur Jalan Tahun 2022 Sebesar Rp 43,29 Miliar