Home Kabupaten Purbalingga Cabup Cawabup Laporkan Dana Kampanye

Cabup Cawabup Laporkan Dana Kampanye

432
0

PurbalinggaNews  – Tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga 2015, resmi melaporkan dana awal kampanye mereka. Kedua tim pemenangan paslon telah melaporkan dana awal kampanye mereka kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Rabu sore (26/8/2015).

Tim pemenangan paslon H Tasdi SH MM dan Dyah Hayuning Pratiwi (Tasdi-Tiwi), menjadi yang pertama melaporkan, sekira pukul 16.00 WIB. Kemudian, selang 10 menit kemudian, tim pemenangan H Sugeng SH MSi dan H Sutjipto SH datang ke KPU Purbalingga, untuk melaporkan.

Anggota KPU Purbalingga Divisi Kampanye, Hukum dan Pencalonan, Sukhedi  mengatakan berdasarkan laporan awal dana kampanye yang disetorkan, paslon Tasdi-Tiwi memiliki dana Rp 73.882.444. Sedangkan, paslon Sugeng-Sutjipto melaporkan dana awal kampanye sebanyak Rp 16 juta.

“Hari ini (kemarin, red), merupakan hari terakhir penyerahan laporan awal dana kampanye. Selanjutnya, palson harus melaporkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK), pada 27 September hingga 16 Oktober. Terakhir paslon harus melaporkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), paling lambat pada H-1 sebelum hari tenang kampanye,” jelasnya.

Dia menjelaskan, peraturan KPU mengatur sumbangan dana kampanye untuk pasangan calon. Sumber dana bisa dari perorangan dan juga lembaga swasta. Untuk perorangan, sumbangan maksimal dibatasi maksimal Rp 50 juta. Sementara untuk lembaga, maksimal Rp 500 juta. “Lembaga yang tidak boleh menyumbang antara lain BUMN, BUMD, dan pihak asing,” katanya. (Hardiyanto)