Home Info Cegah Stunting, Bupati Purbalingga Demo Masak di Desa Gembong Purbalingga

Cegah Stunting, Bupati Purbalingga Demo Masak di Desa Gembong Purbalingga

55
0
Cegah Stunting, Bupati Purbalingga Demo Masak di Desa Gembong Purbalingga
Cegah Stunting, Bupati Purbalingga Demo Masak di Desa Gembong Purbalingga

PURBALINGGA INFO – Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, salah satu cirinya yakni tinggi badan anak menjadi kerdil dari standar usianya. Pencegahan stunting telah menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Purbalingga supaya anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

” Saat ini Pemerintah sedang fokus dalam rangka mencegah stunting, karena ternyata angka stunting di Indonesia ini cukup tinggi. Berbagai macam upaya pencegahan stunting sudah dilakukan, salah satunya kemarin ada program dari program BKKBN dengan pembentukan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), dimana para kader Sub PPKBD mengajarkan masyarakat pengolahan menu makanan yang sehat dan bergizi, sehingga harapannya bisa mencegah stunting di Kabupaten Purbalingga,” ujar Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi pada saat menghadiri acara Demo Masak Oleh Periswara (Persatuan Isteri Wakil Rakyat) di balai desa Gembong, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Rabu (8/6/2022)

Bupati menambahkan, bahwa para ibu sebaiknya tidak perlu khawatir sebab makanan yang sehat, enak, dan bergizi tidak harus mahal. Makanan sehat, enak, dan bergizi bisa dibuat dari bahan yang terjangkau, serta bisa diolah dengan mudah oleh para ibu. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, diharapkan dapat menjauhkan stunting dari anak.

Pada akhir rangkaian acara tersebut, Bupati bersama Wakil Wali Kota Semarang, Havearita Gunaryanti Rahayu mempraktekkan langsung bagaimana cara memasak menu makanan sehat, diantaranya yaitu nasi tim ikan lele.

“Nasi Tim Ikan Lele bagus untuk MPASI dan bayi usia 9 -11 bulan. Selain itu, lele juga mengandung manfaat bisa memperkuat tulang-tulang pada anak,” ujar wakil wali kota Semarang.

Selain nasi tim lele, terdapat beberapa masakan sederhana yang didemokan, antara lain bubur singkong, bubur daun kelor, kolak ubis jalar, nasi kare lele tempe oseng kacang panjang tauge, dan jus jambu.