Home Kabupaten Purbalingga Desa Karanganyar Wakili Purbalingga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Karanganyar Wakili Purbalingga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

920
0
Kepala Desa Karanganyar, Tofik sedang memaparkan profil desa di depan tim penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2018, di Aula Balai Desa Karanganyar, Selasa (17/4)

PurbalinggaNews – Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2018, Desa Karanganyar berhasil mendapatkan nilai tertinggi dari tiga desa yang telah dievaluasi. Tiga desa tersebut yakni Desa Rajawana Kecamatan Karangmoncol, Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar dan terakhir Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang.

“Pelaksanaan penilaian lomba desa di tingkat Kabupaten ini dilaksanakan selama tiga hari dari senin (16/4) hingga rabu (18/4),” kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Administrasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) , Budy Santosa saat ditemui di Dinpermasdes, Rabu (18/4).

Desa Karanganyar berhasil meraih nilai 899 dari akumulasi nilai bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten Purbalingga menilai administrasi pemerintahan desa tahun 2016 dan tahun 2017.

“Desa Kalikajar memperoleh jumlah nilai 693, Desa Rajawana 850 dan Desa Karanganyar dengan total nilai 899 yang diperoleh dari tiga bidang tahun 2016 dan 2017,” jelas Budy.

Dari hasil tersebut, lanjut Budy Desa Karanganyar akan mewakili Kabupaten Purbalingga pada Lomba Desa Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan Bulan Mei mendatang. Untuk mempersiapkan lomba tersebut, ia menghimbau agar ada pendampingan pada Desa Karanganyar khususnya dari tim penilai lomba desa.

“Tim mempunyai kewajiban untuk membimbing serta membina Desa Karanganyar, tim ini juga harus menindaklanjuti kekurangan yang pada saat itu disampaikan di akhir penilaian,” ajak Budy kepada Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten.

Kekurangan Desa Karanganyar dan administrasi serta data dukung untuk Lomba Desa harus disiapkan dengan baik serta tertib. Catatan kekurangan yang ada di Desa Karanganyar seperti belum adanya Perpustakaan Desa serta Bank Sampah, tambahnya  harus diperhatikan.

“Kita (tim penilai lomba desa, red) harus turut andil dalam mendukung dan membantu Desa Karanganyar dalam pembenahan administrasi desa, karena hasil yang diperoleh ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Budy berharap dengan terpilihnya Desa Karanganyar sebagai juara satu Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2018, Desa Karanganyar dapat masuk nominasi 6 besar di tingkat Provinsi. Dengan keunggulan dan potensi yang dimiliki, Desa Karanganyar dapat lebih berkembang dan berinovasi dalam segala bidang.

“Nantinya, tim ini harus membantu Desa Karanganyar untuk menggali lagi potensi yang ada apalagi nanti ketika ada tim penilai dari provinsi ke Purbalingga, Desa Karanganyar harus siap memberikan informasi tentang desanya disertai dengan data dukung yang ada,” pungkas Budy. (PI-7)