Home Kabupaten Purbalingga Desa Selakambang lokasi TMMD Sengkuyung I Tahun 2015

Desa Selakambang lokasi TMMD Sengkuyung I Tahun 2015

349
0

PurbalinggaNews, TNI Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) Sengkuyung I pada tahun ini akan dipusatkan di Desa Selakambag Kecamatan Kaligondang. Pelaksanaan TMMD akan memakan waktu 20 hari mulai dari 7 Mei sampai 27 Mei 2015.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf. Cahyadi persiapan TMMD mulai dilakukan sejak tanggal 27 April sampai tanggal 6 Mei. Persiapan ini digunakan agar waktu TMMD yang sedikit bisa memaksimalkan kegiatan yang telah diprogramkan.

Cahyadi mengatakan kegiatan TMMD Sengkuyung I akan dilakukan pertama kali adalah pembuatan gorong-gorong sebanyak 2 buah dengan volume 0,5 m x 4 m. Kemudian pembuatan rabat beton sepanjang 800 m dengan lebar 3 m tebal 0,12 m. Terakhir pembuatan talud sepanjang 1600 m, tinggi 1,5 m dengan volume 0,4 m dan 0,3 m.  

“Selain kegiatan fisik kegiatan non fisik juga akan dilakukan dalam TMMD Sengkuyung I. Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi bela negara, hukum, pertanian dan kegiata lainnya,” ujar Cahyadi pada saat Rakor persiapan TMMD di Aula Bapermasdes, Senin (20/4).

Pada kegiatan TMMD Sengkuyung I juga akan dilakukan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 rumah. Bantuan RTLH berasal dari APBD Pemprov Jateng tahun 2015. Masing-masing RTLH mendapat dana stimulan sebesar Rp 7 juta.

Berdasarkan data dari Bapermasdes Purbalingga, dana yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan tersebut sebesar Rp. 262,5 juta berasal dari APBD I Dan APBD II. Dana tersebut digunakan untuk pembelian bahan materil dan kegiatan operasional. Sedangkan tenaga berasal dari swadaya TNI dan masyarakat.

Personil yang dibutuhkan dalam satu hari berasal dari TNI sebanyak 40 orang, masyarakat 50 orang, polisi 2 orang Bapermasdes 1 orang, Bappeda 1 orang dan DPU 1 orang. (Sapto Suhardiyo)