Home Kabupaten Purbalingga Dinarspus Bakal Bangun Depot Arsip

Dinarspus Bakal Bangun Depot Arsip

700
0
Salah satu dokumentasi arsip Tahun 18800 pada Dinarspus Kabupaten Purbalingga

PurbalinggaNews – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarspus) Kabupaten Purbalingga sedang mengusahakan pembangunan depot arsip di Kabupaten Purbalingga yang akan direalisasikan. Dinarspus sudah mensurvey lokasi calon depot arsip yang terletak di Kelurahan Bojong bersebelahan dengan puskesmas Bojong yang baru.

“Sebelah barat taman kota, di sana lahannya luas dan Plt Bupati Purbalingga juga sudah setuju itu,” kata Pembinaan, Pengawasan dan Layanan Kearsipan pada Dinarspus Kabupaten Purbalingga, Nani Herawati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/9).

Saat ini depot arsip yang dimiliki Dinarspus Kabupaten Purbalingga masih bergabung dengan kantor Dinarspus dan kapasitasnya masih sangat minim. Padahal, depot arsip seharusnya terpisah dari area perkantoran karena di sana ada arsip-arsip penting yang harus dijaga safety (keamanannya, Red).

“Arsip itu sangat berharga harus dijaga safety nya jangan sampai ditaruh di tempat-tempat yang artinya rawan bencana kebakaran dan lain sebagainya jadi harus bebas dari pemukiman serta jauh dari pabrik seperti itu,” ujar Nani.

Depot arsip ini direncanakan akan dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 2000 meter persegi dengan perkiraan dana mencapai Rp 7,8 Miliar. Nani menjelaskan, depot arsip memang harus ada di masing-masing kabupaten/kota hal ini mengacu pada UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Ada aturannya tiap kabupaten/kota memiliki depot, memang diwajibkan di UU mewajibkan untuk masing-masing cuma terkendalanya anggaran,” terangnya.

Setelah depot arsip terbangun, Nani berharap semua arsip dapat tertampung dan tersimpan dengan baik dari berbagai kalangan. Sehingga memudahkan mereka yang ingin mencari arsip baik arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Desa, Sekolah, BUMD, Perusahaan, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Politik (Orpol).

“Itu sudah fungsi dari Dinarspus Kabupaten Purbalingga selaku record center agar bisa terwujud penyimpanan semua arsip-arsip statis dari berbagai kalangan,” tutur Nani.

Ia menyampaikan terkait pembangunan depot arsip, Dinarspus Kabupaten Purbalingga telah melakukan study banding ke Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kendal. Pengelolaan kearsipan di Purworejo dan Kendal sudah bagus walaupun depotnya masih kecil dan minimalis.

“Di Jawa Tengah yang punya depot arsip baru Provinsi yang kemudian Kota Pekalongan, Jepara, Purworeja dan Kendal, setahu saya itu yang lainnya seperti Banyumas juga lagi dibangun,” ungkapnya. (PI-7)