Home Kabupaten Purbalingga Dinkominfo Purbalingga akan Kembangkan E-SAKIP

Dinkominfo Purbalingga akan Kembangkan E-SAKIP

675
0
Pelatihan update website bagi admin subdomain OPD, Sabtu kemarin (28/7).

 

PurbalinggaNews, Untuk meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga akan mengembangkan E-SAKIP. Pengembangan dalam bentuk aplikasi tersebut guna memudahkan laporan akuntabilitas OPD di Purbalingga.

Kepala Bidang Informatika pada Dinkominfo Purbalingga, Sigit Dwi Pramono mengatakan SAKIP, merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

“ Dokumen SAKIP yang diupload diantaranya meliputi dokumen Rencana Strategis OPD, Rencana Kerja OPD, Perjanjian Kinerja Kepala Perangkat Daerah sampai dengan eselon terendah, Pengukuran Kinerja, Indikator Kinerja Utama (IKU),” katanya disela-sela pelatihan update website bagi admin subdomain OPD, Sabtu kemarin (28/7).

BACA JUGA   Kliping Media Tanggal 16 Mei 2019

Pada pelatihan tersebut lanjut Sigit admin OPD dibimbing langsung oleh tim dari Dinkominfo untuk mempublikasikan dokumen SAKIP menggunakan plug in table press. Sehingga tampilan dokumen yang diunggah lebih sistematis dan memudahkan pembaca pada saat melakukan pencarian dokumen baik berdasarkan tahu maupun berdasarkan jenis dokumen.

“Pengembangan E-SAKIP tersebut nantinya dapat terintegrasi ke masing-masing OPD, sehingga meudahkan dalam pengumpulan data,” tambahnya

Terpisah Kepala Dinkominfo Purbalingga Sridadi mengatakan pada tahun 2018, Dinkominfo menargetkan 3 aplikasi bisa dilakukan launching yakni aplikasi Lapor Bup, aplikasi E-Presensi dan Analisis Media. Ketiga aplikasi tersebut dapat meningkatkan kinerja OPD secara keseluruhan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“ Aplikasi Lapor Bup diharapkan dapat menampung aspirasi, kritik dan masukan masyarakat terkait dengan pelaksanaan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ujarnya (PI-2)

BACA JUGA   Perpaduan Syahdu Kabut Lembut dan Alunan Jazz di Go Jazz 2019