Home Kabupaten Purbalingga Dinsos Usahakan Bantuan untuk 43 Rumah Relokasi

Dinsos Usahakan Bantuan untuk 43 Rumah Relokasi

407
0

PurbalinggaNews, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Purbalingga siap mengusahakan bantuan pembuatan rumah untuk relokasi di dusun Cikal Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu. Bantuan nantinya akan berikan kepada 43 rumah yang telah direlokasi dari tempat semula.

Kepala Dinsosnakertrans, Ngudiarto mengatakan bantuan akan dimintakan dari Kementrian sosial (Kemensos) dan dari Kemensos sudah ada sinyal postitif. Bantuan  yang diminta sebesar Rp 860 juta atau setiap rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 20 juta.

“ Bantuan nantinya harus digunakan untuk membeli bahan material, tidak diperkenakan untuk membeli yang lain”, kata Ngudiarto saat di ruang Bagian Humas Setda Purbaligga, Selasa (8/3)

Untuk tenaga kerja lanjut Ngudiarto diharapkan berasal dari swadaya masyarakat. Penerima bantuan nantinya dikelola oleh kelompok yang disahkan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati. Bantuan akan langsung di transfer melelui rekening kelompok.

“Sekarang SK kelompok sudah di Bupati tingggal mengesahkan saja. Setelah ditandatangani Bupati langsung kita ajukan ke Kemensos,” tambah Ngudiarto

Setelah administrasi pendukung lengkap akan segera di kirimkan ke Kemensos. Ngudiarto berharap bantuan segera terelisasikan, target bulan April sudah bisa dicairkan sehingga masyarakat bisa langsung membangun rumahnya.

Dari data Dinsosnakertrans terdapat 43 Dusun Cikal harus segera direlokai dikarenakan tanah yang ditempati merupakan tanah bergerak yang sewaktu-waktu bisa longsor. Untuk itu Pemkab Purbalingga pada tahun 2015 telah membeli lahan sebagi tempat relokasi.

“Lahan perumahan telah diberikan kepada 43 KK dan telah menjadi hak milik,” pungkas Ngudiarto. (Sapto Suhardiyo)