Home Kabupaten Purbalingga Dinsosnakertran Gelar Karang Taruna Berprestasi

Dinsosnakertran Gelar Karang Taruna Berprestasi

395
0

PurbalinggaNews  – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Purbalingga bakal menggelar ajang Karang Taruna (KT) Berprestasi tingkat Kabupaten Purbalingga 2016. Ajang ini diperuntukkan bagi seluruh pengurus KT tingkat desa, sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Sekaligus untuk menjaring Karang Taruna Desa/Kelurahan untuk dipersiapkan mengikuti lomba Karang Taruna berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujar Kepala Dinsosnakertrans Purbalingga Ngudiarto, Selasa (22/3/2016).

Selain itu, lanjut Ngudiarto, agar terbina dan terjalinnya peningkatan kerja sama atau kemitraan antarpelaku penyelenggara kesejahteraan sosial di Purbalingga.

Menurutnya, KT merupakan salah satu bagian dari Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah yang gigih  melaksanakan  bhakti sosialnya dalam pencegahan dan pengentasan masalah kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat.

“Memang, seleksi dimulai Juni mendatang, namun sosialisasi dilakukan sekarang. Sehingga masing-masing pengurus KT di desa/kelurahan bisa mempersiapkan dengan matang saat penjaringan nanti,” katanya.

Ketua KT Kabupaten Purbalingga, Ato Susanto menambahkan, adapun aspek penilaian secara umum meliputi kterpaduan dalam pelaksanaan program, meningkatkan kepedulian, jejaring kerja sama/kemitraan, dukungan dunia usaha, dukungan masyarakat dan pemerintah.

Sedangkan secara khusus meliputi administrasi kelembagaan, manajemen organisasi, program kerja dan pengembangan program, sarana dan prasarana, manajemen penyelenggaraan kesejahteraan sosial, kerja sama/kemitraan dan jejaring kerja serta penyelenggaraan kegiatan di bidang kesenian, rekreasi dan olahraga.

Tim penilai dibentuk oleh Dinsosnakertrans dan pengurus KT Purbalingga. Penetapan pemenang berdasarkan hasil penilaian terhadap instrumen penilaian beserta kelengkapannya, paparan peserta dan wawancara dan kunjungan lapangan. Nantinya akan ditetapkan tiga pemenang peringkat 1,2 dan 3.

Adapun pemenang akan mendapatkan uang bantuan pembinaan masing-masing Rp 5 juta untuk peringkat I, Rp 3,5 juta untuk peringkat II dan Rp 2,5 juta untuk peringkat III. Penyerahan hadiah akan diberikan oleh Bupati pada September mendantang. Pemenang juga akan mewakili Kabupaten Purbalingga dalam ajang yang sama di tingkat provinsi. (Hardiyanto)