Home Kabupaten Purbalingga DPU PR Launching Aplikasi Si Jaka Bangga

DPU PR Launching Aplikasi Si Jaka Bangga

1363
0
Kepala Bidang Bina Marga DPU PR, Nugroho Priyo Pratomo saat menyampaikan laporan pada acara Sosialisasi dan Launching Si Jaka Bangga, Rabu (18/7)

PurbalinggaNews – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Jalan Kabupaten Purbalingga (Si Jaka Bangga) pada Rabu (18/7). Si Jaka Bangga sendiri merupakan sistem informasi pelaporan dan pemantauan yang berbasis web sebagai bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di Bidang Bina Marga DPU PR Kabupaten Purbalingga.

“Si JaKa Bangga adalah produk dari implementasi Proyek Perubahan Diklatpim III Angkatan II yang tengah saya ikuti sejak tanggal 11 Maret hingga nanti 28 Juli 2018 mendatang,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPU PR, Nugroho Priyo Pratomo saat menyampaikan laporan pada acara Sosialisasi dan Launching Si Jaka Bangga, Rabu (18/7).

BACA JUGA   Purbalingga Perlu City Branding

Nugroho yang juga merupakan project leader menyampaikan pembuatan Si Jaka Bangga dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan dalam mengakses informasi secara cepat. Khususnya informasi terkait progress kemajuan pekerjaan di bidang bina marga.

“Melalui Aplikasi SI JaKa Bangga konsultan pengawas dan kontraktor pelaksanaan pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Purbalingga diberikan hak akses untuk menginput data,” ujarnya.

Nantinya para konsultan pengawas dan kontraktor pelaksanaan infrastruktur akan dimudahkan dalam pelaporan progress kegiatan setiap akhir minggu atau setiap sabtu. Sedangkan untuk dokumentasi pelaksanaan pekerjaan dapat diunggah setiap hari melalui aplikasi berbasis android yang dapat diunduh melalui aplikasi play store.

“Si Jaka Bangga juga akan memudahkan masyarakat dalam mengakses perkembangan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purbalingga,” jelas Nugroho.

BACA JUGA   Bupati Kecewa, Dua Kecamatan Tak Ikuti Jumbara PMR Mula

Tidak hanya melalui aplikasi berbasis android, Si Jaka Bangga juga dapat diakses melalui website si-jakabangga.purbalinggakab.go.id. Hal ini tentunya sebagai salah satu wujud transparansi dan akuntabilitas kinerja DPU PR Kabupaten Purbalingga.

“Kedepan aplikasi SI JaKa Bangga akan dikembangkan dengan penambahan fitur pelaporan jalan rusak disertai foto dan lokasi oleh masyarakat,” tuturnya.

Harapannya, dengan semakin cepat pelaporan diterima akan semakin cepat pula penanganan terhadap kerusakan jalan yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga. Sehingga keterlambatan pekerjaan dapat diminimalisir dan pekerjaan akan selesai tepat waktu. (PI-7)