Home Kabupaten Purbalingga Entaskan Kemiskinan, Kampung KB Digencarkan

Entaskan Kemiskinan, Kampung KB Digencarkan

587
0
PERESMIAN KAMPUNG KB : Kepala Dinsosdalduk KB P3A Kabupaten Purbalingga, Wahyu Ekonanto meresmikan Kampung KB di RW 3 Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Sabtu (12/5).

PurbalinggaNews – Upaya menekan laju pertumbuhan penduduk oleh Pemkab Purbalingga terus digenjot. Pembentuk Kampung Keluar Berencana (KB) terus digalakkan yang terintegrasi dengan program pengentasan kemiskinan masyarakat.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsosdalduk KB P3A) Kabupaten Purbalingga, Wahyu Ekonanto saat meresmikan Kampung KB di RW 3 Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Sabtu (12/5).

“Kampung KB tidak hanya fokus pada menekan laju pertumbuhan penduduk saja. Tapi juga bagaimana memberdayakan potensi masyarakat di daerah tersebut untuk bisa meningkatkan standar kesehatan dan perekonomian,” katanya.

Kabid Pengendalian Penduduk Dinsosdalduk KB P3A, Teguh Indroyono menambahkan, tahun lalu pihaknya mencatat sudah ada 21 Kampung KB yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Tahun ini jumlahnya terus meningkat.

Kades Candinata, Masikin mengatakan, di desanya terdapat 1.69u KK dengan 1.142 pasangan usia produktif (PUS). Adapun mereka yang ikut program KB aktif sebanyak 927 pasangan. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program KB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya, desa semakin maju. Diakui, Candinata termasuk desa miskin. Dengan melambatkan pertumbuhan penduduk, niscaya akan mengurangi angka kemiskinan. Beban hidup keluarga semakin berkurang,” katanya. (*)