Home Kabupaten Purbalingga Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng Diterima di Desa Karanggedang Bukateja

Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng Diterima di Desa Karanggedang Bukateja

795
0
Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah saat sampai di Purbalingga, Rabu (5/9).

PurbalinggaNews – Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah telah sampai di Kabupaten Purbalingga datang melalui Desa Situwangi Kecamatan Rakit (Banjarnegara) ke Desa Karanggedang Kecamatan Bukateja, Purbalingga. Peserta ETK melaksanakan upacara timbang terima di Kompleks SDN 3 Karanggedang Kecamatan Bukateja, Rabu (5/9).

Proses Timbang Terima ETK dilaksanakan oleh Wakil Bupati Banjarnegara H Syamsudin SPd MPd Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pembawa kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Wahyu Kontardi SH mewakili Plt Bupati Purbalingga sebagai Ketua Mabicab Penerus.

Ketua Kwarcab Kabupaten Purbalingga Trisnanto Srihutomo BE SPd, menjelaskan ETK tahun 2018 diberangkatkan dari 14 penjuru kabupaten se Jawa Tengah. Mulai pada 24 Agustus lalu hingga 19 September mendatang.

“Semuanya bergerak menuju pusat Peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di Kabupaten Tegal,” terangnya.

BACA JUGA   Plt Bupati Pantau Pemungutan Suara Pilkades ke 9 Desa

Pasukan Inti ETK ini terdiri dari 5 kelompok. Kelompok 1 terdiri dari 2 orang pembawa spanduk ETK, kelompok 2 terdiri dari 14 orang pembawa bendera tunas kelapa. Kelompok 3 terdiri dari 14 orang pembawa pataka ETK, kelompok 4 terdiri dari 8 orang pembawa tunas kelapa dan kelompok 5 terdiri dari 8 orang penggalang pembawa amanat Gubernur Jateng, pesan dan kesan Ka Mabicab /Ka Mabiran, bendera morse, dan pasukan bertongkat.

Pelaksanaan ETK di Purbalingga berlangsung selama tiga hari, yakni 5 – 7 September. Adapun rute yang ditempuh, setelah datang di Desa Karanggedang, pasukan berjalan menuju Desa Bandingan Kecamatan Kejobong  – Desa Penolih Kecamatan Kaligondang  lalu Kwarcab di Kecamatan Purbalingga.

Pada hari Kamis (6/9) juga akan dilaksanakan Upacara Timbang Terima dari Kwarcab Banyumas yang datang dari Kecamatan Kembaran (Banyumas) dan diterima di Desa Karangpule, Kecamatan Padamara, Purbalingga. Malam harinya, dilaksanakan acara Saresehan Penyemaraman ETK di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Purbalingga.

BACA JUGA   Kliping Media Tanggal 28 April 2018

Pada hari Jumat (7/9) kembali dilaksanakan start guna melanjutkan perjalanan ETK dari Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Purbalingga menuju ke Kabupaten Pemalang dengan batas di Desa Kutabawa. Kemudian dilaksanakan Timbang Terima kepada Kwarcab Kabupaten Pemalang tepatnya di Desa Gombong Kecamatan Belik, Pemalang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi SH, menyampaikan Estafet Tunas Kelapa ke-34 tahun 2018 merupakan ciri khas gerakan pramuka Kwartir Jawa Tengah. “Hal itu perlu agar filosofi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mampu memperkuat semangat Kebangsaan dan kemajuan pembangunan di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh anggota Pramuka di Jawa Tengah agar selalu menggelorakan semangat anti narkoba. Selain itu juga berpesan untuk selalu memperkokoh semangat cinta Bangsa dan Tanah Air, agar Bangsa Indonesia bisa menjadi hebat dan berdikari. Setiap anggota pramuka di Jawa Tengah menggelorakan semangat antinarkoba. Katakan tidak pada narkoba.

BACA JUGA   SMKN 3 Purbalingga Putra dan SMKN 1 Kutasari Putri, Juarai Soegarda Cup 2018

“Jangan sekali-sekali mencoba, karena akan menjerumuskan pada jurang kenistaan dan keterbelakangan,” lanjutnya.

Selain itu, Gubernur juga meminta agar setiap anggota pramuka memiliki semangat suci dalam pikiran dan perbuatan, meneguhkan dan mengokohkan semangat cinta Tanah Air dan bangsa. Sebagai generasi muda penerus, Gubernur berpesan agar bisa memanfatkan waktu sebaik-baiknya karena bukan lagi saatnya untuk berleha-leha.

“Teruskan berkreasi, berkarya inovasi untuk menggapai prestasi sejahtera dan berdikari. Mboten korupsi, mboten ngapusi,” katanya.