Home Kabupaten Purbalingga FPU Dan Pemkab Gelar Rukyah Massal

FPU Dan Pemkab Gelar Rukyah Massal

650
0

PurbalinggaNews – Forum Persatuan Umat (FPU) Purbalingga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan menggelar rukyah massal bagi masyarakat umum. Rukyah massal akan dilakanakan di Pendapa Dipokusumo Minggu 9 Oktober 2016 dengan diawali dengan kajian rukyah pada Sabtu 8 Oktober 2016 di Pendapa Dipokusumo dengan pemateri Rukyah Syari’ah di Televisi Nasional dari Sokaraja Banyumas yang merupakan Alumnus Ponpes Gontor dan Al Ashar Mesir Ustadz Muhammad Faizar Hidayatulloh.

Menurut Ketua FPU Purbalingga Arif Choerudin, menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1438 Hijriyah dan bekerjasama dengan Pemkab Purbalingga akan menyelenggarakan pelatihan rukyah  shar’iyyah dan pelaksanaan shar’iyyah rukyah massal gratis bagi masyarakat Purbalingga.

“Sedangkan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun semangat kebersamaan dalam membentuk kesucian hati menuju insan berkarakter Rabbani dengan terapi Al-Qur’an untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bekerja cerdas, bekerja keras dan bekerja dengan ikhlas,”jelasnya.

Arif menambahkan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan kajian dan pelatihan rukyah pada Sabtu dan pelaksanaan rukyah massal pada Minggu dengan peserta yang sudah mendaftarkan diri ke panitia dari masyarakat umum sebanyak 514 orang, dari jajaran Dinas Pendidikan (Dindik) yang terdiri dari utusan guru agama Islam beserta anak didiknya sebanyak 250 orang dan dari Kemenag Purbalingga sebanyak 60 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Purbalingga Tasdi yang dibacakan oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi mengatakan bahwa pihaknya merasa gembira, karena kegiatan tersebut diikuti olehpeserta yang cukup banyak. Hal tersebut menunjukkan, bahwa antusias warga masyarakat untuk dirukyah luar biasa.

“Pada kesempatan ini saya merasa gembira sekali karena peserta yang ikut pelatihan ruqyah syar’iyyah cukup banyak, sehingga hal ini menunjukan bahwa antusias warga masyarakat untuk diruqyah luar biasa dengan harapan kita semua akan selalu sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit serta sehat jasmani maupun rohaninya,”tuturnya.

Bupati menambahkan, bahwa kegiatan tersebut sangat sejalan sekali dengan visi Kabupaten Purbalingga yaitu Purbalingga yang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat sejahtera yang berahlakul karimah/berahlak mulia serta misinya yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia utamanya melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bupati berharap agar seluruh peserta ruqyah syar’iyyah nantinya dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, sebab kegiatan tersebut jarang sekali dilakukan secara massal, apalagi kegiatannya tidak dipungut biaya alias gratis.

Dalam sambutannya sebelum menyampaikan materi rukyah, Ustadz Muhammad Faizar Hidayatulloh mengatakan, bahwa kegiatan rukyah di Purbalingga merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan secara gratis. Selain itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Purbalingga yang sudah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Menurutnya rukyah yang afdol adalah merukyah diri sendiri, sedangkan diadakan kegiatan semacam tersebuth gunanya bukan untuk mengobati ataupun untuk mendatangkan banyak orang, namun kegiatan tersebut dilaksanakan agar di setiap rumah masing-masing minimal ada satu perukyah.

 “Karena rukyah itu sangat mudah dan dapat dilakukan oleh orang-orang beriman, muslim dan mukmin, jadi tidak perlu ustad. Dengan bermodalkan keyakinan yang  betul dan benar serta bacaan yang benar serta yang disunahkan oleh Rosululloh itu semua bisa merukyah dengan dalil dari kitab suci AlQur’an,”jelasnya. (Sukiman)