Home Kabupaten Purbalingga Ganjar Pranowo Canangkan Rehabilitasi Serentak RTLH

Ganjar Pranowo Canangkan Rehabilitasi Serentak RTLH

426
0

PurbalinggaNews, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencanangkan rehabilitasi serentak Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Purbasari Kecamatan Karangjambu, Jum’at (28/10). RTLH yang direhabilitasi sebanyak 2.150  buah dengan rincian 1.700 berasal dari APBD murni tahun 2016, sedangkan 450 berasal dari APBD perubahan tahun 2016.

Pada saat pencanangan Ganjar sangat mengapresiasi pencanangan secara sererentak rehab RTLH yang dilakukan oleh Pemkab Purbalingga. Kegiatan tersebut juga akan terus didukung oleh Pemprov Jawa Tengah dengan mengusulkan kegiatan serupa kepada kementrian pekerjaan umum (PU).

Ganjar menyadari di Jawa Tengah ada 15 kabupaten dengan kemiskinan sangat tinggi, salah satunya dengan indikator banyaknya RTLH. Penanggulangan kemiskinan harus dilaksanakan secara kontinu, termasuk keseriusan Pemkab Purbalingga.

“Untuk itu pemprov akan mengusulkan sebanyak-banyaknya kepada Kementrian PU program RTLH,”kata Ganjar

Ganjar menambahkan program rehabilitasi RTLH salah satu solusi untuk mengentaskan kemiskinan. Ganjar juga berjanji pada tahun 2017 akan menambahkan bantuan RTLH sebanyak Rp 20 juta per rumah.

“Dengan bantuan Rp 20 juta perumah, diharapkan RTLH bisa sudah layak huni,” tambahnya.

Sedangkan Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan dari 241 ribu rumah di Purbalingga, ada 11,6 persen dalam katagori RTLH, dan ada 24,5 persen RTLH yang tidak punya jamban. Dengan adanya pencanangan RTLH secara serentak, Bupati berharap kemiskinan di Purbalingga bisa semakin berkurang.

“Pada tahun ini kita rehab, RTLH sebanyak 2.150 rumah dengan anggaran sebanyak Rp 21,5 miliar,” kata Tasdi.

Tasdi juga menambahkan pada tahun anggaran 2016, Pemkab juga telah mengangarkan dana Rp 5 miliar untuk program jambanisasi. Program jambanisasi dilakukan karena ada 69 ribu rumah di Purbalingga tidak mempunyai jamban. Bupati juga berjanji akan meningkatkan jumlah penerima RTLH pada tahun 2017 yakni menjadi 3.000 rumah.

“Rehabilitasi RTLH secara serentak yang kita lakukan hari ini juga akan mendapatkan penghargaan rekor Muri, sebagai rehabilitasi RTLH terbanyak,” pungkas Tasdi (Sapto Suhardiyo)