Home Kabupaten Purbalingga Germas Kalimanah : Plt Bupati Ajak Gemar Makan Ikan

Germas Kalimanah : Plt Bupati Ajak Gemar Makan Ikan

760
0
Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon juga mencicipi satu per satu kudapan berbahan dasar ikan yang dibuat oleh TP PKK masing-masing desa di Kecamatan Kalimanah, Sabtu (21/7)

PurbalinggaNews –  Bebagai menu kudapan berbahan dasar ikan, mewarnai perlombaan dalam Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) UPTD Puskesmas Kalimanah di Lapangan Desa Babakan, Sabtu (21/7). Ikan merupakan bahan makanan yang bergizi tinggi yang kaya akan protein hewani dan omega 3, sehingga baik untuk kesehatan.

Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon juga mencicipi satu per satu kudapan berbahan dasar ikan yang dibuat oleh TP PKK masing-masing desa di Kecamatan Kalimanah itu. “Bagi keluarga-keluarga agar menggemakan gemar makan ikan, terutama bagi anak-anak agar generasi kita menjadi generasi yang pintar. Karena ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan otak,” kata Plt Bupati Tiwi di sela-sela mencicipi kudapan.

BACA JUGA   Harap Kondusif Saat Nataru, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Selain kudapan berbahan dasar ikan, makanan sehat yang juga dikampanyekan dalam Gebyar Germas ini diantaranya juga pecel yang disajikan dalam pesta pecel. Selain itu juga aneka buah-buahan dan sayur yang disajikan dalam gunungan yang diperlombakan kepada 9 sekolah di Kecamatan Kalimanah.

Adapun yang menjadi pemenang lomba gunungan buah dan sayur itu diantaranya, Juara I MTs Kalikabong, Juara II SMPN 1 Kalimanah, Juara III SMPN 2 Kalimanah, Juara Harapan I SMA Santo Agustinus, Juara Harapan II SMKN 1 Purbalingga dan Juara Harapan III SMPN 3 Kalimanah. Gunungan buah dan sayur itu juga diperebutkan oleh masyarakat sebagaimana tradisi Grebeg.

Pada kesempatan ini, seperti biasa, Plt Bupati Tiwi juga menyampaikan dari segi kesehatan, di Purbalingga masih ada beberapa permasalahan seperti angka rata-rata harapan hidup, banyaknya angka kematian ibu dan bayi, juga masih adanya stunting (badan kerdil).

BACA JUGA   Moment Silaturahmi, Bupati Janjikan Kenaikan Siltap Bagi Kades dan Perangkatnya

“Pola hidup yang tidak sehat juga menyebabkan diare, malaria dan sebagainya. Saat ini tidak hanya penyakit menular saja yang membahayakan, penyakit tidak menular juga membahayakan, diantaranya stroke, jantung diabetes. Itu juga banyak menyebabkan orang meninggal,” imbuhnya.

Oleh karena itu Plt Bupati Tiwi menyampaikan pokok-pokok Germas kepada masyarakat. Diantaranya adalah : rutin berolah raga, mengkonsumsi sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan secara rutin serta istirahat yang cukup.

UPTD Puskesmas Kalimanah juga membuka stand Inovasi. Diantaranya memamerkan aneka tumbuh-tumbuhan yang selama ini dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Serta berbgai bahan yang bisa digunakan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk (PSN).(Gn/Humas)