Home Kabupaten Purbalingga Guru SMPN 5 Mrebet Luncurkan Tiga Judul Buku

Guru SMPN 5 Mrebet Luncurkan Tiga Judul Buku

1089
0

PurbalinggaNews –  Agus Pribadi, guru di SMPN 5 Mrebet meluncurkan tiga buku karyanya di sebuah rumah makan di Purbalingga, Minggu (4/3). Ketiga buku itumasing-masing kumpulan cerkak Banyumasan “Doresani”, Buku “36 Rahasia Bisa Menulis”, dan buku kumpulan cerpen “Unggas-Unggas Bersayap Putih”.

Saat peluncuran buku itu, secara simbolis Agus Pribadi menyerahkan buku Doresani kepada rekan gurunya Pristiani Florida, yang kemudian diserahkankepada  Drs Prasetyo, Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Bukateja, sebagai salah satu sesepuh pegiat literasi di Purbalingga.

Setelah peluncuran ketiga buku tersebut, acara dilanjutkan dengan bedah buku Doresani, dengan Pembedah Ryan Rachman (Sastrawan) dan Agustav Triono (Penyair), dengan moderator Indra Defandra (Novelis).

BACA JUGA   Calhaj Harap Bersabar, Ini Dia Perkembangan Terbaru Penyelenggaraan Haji

Sebelum buku dibedah, Agustav Triono yang biasa melatih ekstrakurikuler teater di beberapa sekolah di Purbalingga, membacakan salah satu cerkak dalam buku Doresani. Sekitar 30 peserta yang hadir dalam acara itu tampak terhibur saat mendengarkan Agustav membacakan cerkak berjudul “Wedang Teh”.

Ryan Rachman, dalam ulasannya tentang buku Doresani menyampaikan, meski masih sederhana, namun karya Agus Pribadi tersebut patut dibaca khususnya oleh generasi muda. Saya salut dengan Agus Pribadi yang mampu mengambil kejadian keseharian menjadi sebuah cerkak,” ujar Ryan Rachman.

Sementara itu, Agustav Triono, memaparkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cerkak-cerkak Agus Pribadi lebih kental nuansa lokalitasnya, misalnya penggunaan jenis makanan yang lebih bervariasi, dan penggunaan kosa kata yang lebih murni bahasa banyumasan.

BACA JUGA   Purbalingga Andil Besar Peningkatan IPM Provinsi Jawa Tengah

Dalam acara tersebut juga terjadi diskusi tentang bahasa dan sastra khususnya bahasa Jawa dialek Banyumasan, serta bagaimana cara menggali ide dan menuliskannya menjadi sebuah karya sastra. (PI-1)