Home News Ekonomi Hari ke Empat Bulan Ramadhan,Harga  Cabe dan Bawang mulai Naik

Hari ke Empat Bulan Ramadhan,Harga  Cabe dan Bawang mulai Naik

1611
0
Cabai Merah
PurbalinggaNews –  Hari ke empat Bulan Suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) mulai berangsur naik. Berdasarkan data yang dirilis oleh pasar Sega Mas Purbalingga Sabtu (19/5), harga kepokmas yang mulai naik seperti cabe besar keriting dari Rp 23 ribu perkilogram menjadi Rp 24 ribu perkilogram atau terjadi kenaikan Rp 1 ribu.
Harga Cabe Rawit Merah terjadi kenaikan Rp 1 ribu perkilogram yakni dari Rp 22 ribu menjadi Rp 23 ribu perkilogram. Bawang Merah naik Rp 500 dari Rp 32 ribu menjadi Rp 32.500, serta bawang putih karung dari Rp 23 ribu menjadi Rp 24.500 atau naik Rp 1.500.
Kenaikan tersebut menurut Kabid perdagangan pada Dinas perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Purbalingga, Johan Arifin dikarenakan kebutuhan masyarakat meningkat sedangkan pasokannya masih tetap. Kebutuhan masyarakat terkait dengan bulan suci Ramadhan diakuinya untuk akhir pekan ini terjadi peningkatan terutama untuk komoditas seperti cabe, bawang merah dan bawang putih.
” Walaupun bulan puasa para pembeli terutama pedagang eceran tidak menurun malah cenderung meningkatkan ragam dagangannya, seperti bahan makanan pembuat takjil, gula Jawa dan santan kelapa, ” katanya saat dihubungi, Minggu (20/5).
Untuk memberikan informasi yang update terkait harga kepokmas, Johan juga menambahkan Dinperindag telah membuat sebuah aplikasi Sistem Manajemen Informasi Harga Pasar (SIMHP) berbasis Android. Rilis harga pasar juga bisa dilihat media sosial yakni di Facebook dan Instagram dengan akun @pasarsegamas. Selain itu Dinperidag juga akan memasang papan informasi harga di pasar Segamas, kedepan pasar Bobotsari dan pasar Bukateja juga akan dipasang.
” Kami juga menghimbau kepada konsumen agar menjadi konsumen cerdas dengan belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan, telitii sebelum membeli, ” katanya. Terkait dengan isu kelangkaan barang terutama kepokmas, Johan  menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan isu tersebut.
Guna menyambut Bulan Suci Ramadhan, menurut Johan, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga akan mengadakan pasar murah yang akan dilaksanakan di 4 lokasi yakni di Desa Karangnangka Kecamatan Bukateja, Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga, Desa Binangun Kecamatan Mrebet, serta Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja. (PI-2)