Home Kabupaten Purbalingga Himpaudi Purbalingga Rayakan HUT Himpaudi Ke 11

Himpaudi Purbalingga Rayakan HUT Himpaudi Ke 11

484
0

PurbalinggaNews-Pengurus Daerah (PD) Himpaudi Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan syukuran dalam rangka memperingati HUT Himpaudi Ke-11 dengan bertajuk tema “Jujur Sepanjang Hayat”. Kegiatan HUT Himpaudi dilaksanakan di GOR Mahesa Jenar, Purbalingga, Rabu (31/8) dengan jumlah peserta sebanyak 700 orang dari lembaga-lembaga PAUD se Purbalingga.

Ketua PD Himpaudi Purbalingga, Tohar menyampaikan HUT Himpaudi ke 11 dirayakan secara serempak mulai tingkat pusat, provinsi, kabupaten, hingga kecamatan. HUT Himpaudi yang ke 11 mengusung program Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur)di lembaga-lembaga pendidikan untuk menanamkan pendidikan karakter yakni dengan kejujuran yang dimulai sejak dini.

“Saat ini nilai-nilai kejujuran sudah mulai menghilang sehingga perlu adanya pembelajaran karakter sejak usia dini,” kata Tohar.

Tohar menambahkan, Purbalingga menjadi salah satu kabupaten terbaik dengan penyelenggaraan pembelajaran aku anak jujur di tingkat provinsi. Sehingga dalam penyelenggaraan kegiatan himpaudi, Purbalingga menjadi satu dari sebelas kabupaten/kota yang didampingi oleh Pengurus Wilayah (PW) Himpaudi Jawa Tengah.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Himpaudi, yang diwakilkan oleh Anik Ananingsis PW Himpaudi Jawa Tengah mengatakan tema jujur sepanjang hayat, sebagai bentuk keprihatinan terhadap ketidakjujuran negeri ini. PAUD sebagai pondasi dasar pembentukan karakter manusia harus mampu mewujudkan PAUD Terakreditasi dengan pendidik yang berkualitas dan menggerakan pendidikan keluarga serta membangun pembelajaran dengan fokus pembangunan karakter.

“Melalui pendidik PAUD yang tetap menjaga cinta dan idealisme dalam kondisi apapun, akan datang masa kejayaan Indonesia jujur,” ujar Anik.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengapresiasi sangat tinggi kepada PD Himpaudi Purbalingga atas dedikasi dan loyalitasnya dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter dan jujur. Masih banyak hal yang harus dibenahi dalam lingkup pendidikan, bahkan tidak sedikit pula anak-anak yang  tidak mampu mengenyam bangku sekolah. Oleh karena itu, sebagai pendidik harus ikut serta berkontribusi untuk mencetak calon-calon pemimpin di masa depan.

“Mari bersama membangun bangsa, dengan ikut serta memajukan pendidikan dimulai sejak dini,” kata Tasdi.

Tasdi menambahkan, dengan peringatan HUT Himpaudi ke 11 semoga dapat dijadikan momentum sebagai wujud syukur atas lahirnya Himpaudi. Kemudian di usia yang ke 11 Himpaudi mampu berperan aktif membangun pendidikan di Purbalingga. Terakhir, di hari lahirnya, Himpaudi mampu menjadi bahan intropeksi untuk menjadi Himpaudi yang unggul dan berprestasi.

Bupati Purbalingga pada kesempatan itu juga memberikan bantuan kepada PD Himpaudi Purbalingga melalui Bunda PAUD Purbalingga, Erni Widyawati. Bantuan diberikan guna membantu keberlangsungan kegiatan-kegiatan yang dilakukan PD Himpaudi Purbalingga. Bantuan tersebut diberikan secara langsung kepada Ketua PD Himpaudi Purbalingga sebagai hadiah di HUT Himpaudi Ke 11.

Peringatan HUT tersebut berlangsung meriah dengan diadakannya berbagai kegiatan seperti senam Gemari dan Si Kumbi yang dilakukan secara serempak oleh seluruh peserta; Lomba Cipta Yel-Yel Himpaudi; Lomba Paduan Suara dan Lomba Menghias Tumpeng Bertema Gemari. Selain itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 11 lembaga PAUD Pemenang Terbaik Gernas Manjur Tingkat Kabupaten/Kota.

Prestasi Himpaudi yang gemilang juga membawa Widya Heronika Yuliningtyas dari PAUD KB Al Husna, Bojongsari sebagai pemenang Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan di Keluarga Tingkat Kabupaten/Kota untuk berlaga ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemenang lomba diumumkan pada saat itu juga, sebagai juara pertama lomba cipta yel-yel Himpaudi diraih Kecamatan Rembang, untuk lomba paduan suara dimenangkan Kecamatan Kemangkon dan terakhir lomba menghias tumpeng dengan tema Gemari diraih Kecamatan Bobotsari sebagai juara pertama. (Lilian Kiki Triwulan)