Home News Ekonomi Hiswana Migas  Purbalingga pastikan Stok LPG3 Kg Aman

Hiswana Migas  Purbalingga pastikan Stok LPG3 Kg Aman

750
0
Gas LPG3 Kg di Purbalingga
Ilustrasi Gas LPG 3 kg. Sumber: Nusa Bali.

PurbalinggaNews – Dalam rangka menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah, Hiswana Migas Purbalingga memastikan stok gas LPG 3 kg aman. Dari data Hiswana Migas alokasi LPG 3 kg untuk Kabupaten Purbalingga pada April kemarin sebesar sebesar 565.400 tabung dan pada awal Mei telah dilakukan penambahan 56.200 tabung menjadi 621.600 tabung.

Koordinator Hiswana Migas wilayah Purbalingga, Hendi Setyo Mulyo, mengatakan jumlah pangkalan di Purbalingga sebanyak 1.316 pangkalan. Untuk alokasi LPG 3 kg pada awal bulan Mei telah dilakukan penambahan sebesar 3 persen dari alokasi bulan April oleh Pertamina. Dengan perhitungan tersebut dipastikan stok LPG 3 kg puasa hingga lebaran dipastikan aman.

“Setiap bulan Ramadhan dan setiap lebaran, kebutuhan akan gas LPG meningkat drastis, di seluruh wilayah Purbalingga. Namun demikina peningkatan kebutuhan tersebut telah diantisipasi oleh pertamina dengan peningkatan alokasi 3 persen dari kebutuhan normal,” katanya, Senin (21/5).

Hendi mengatakan Harga eceran tertingi (HET) di masing masing pangkalan Rp 15.500,-. Kalau harga melebihi itu, berarti pangkalan dan pengecer yang menaikan, bukan agen. Biasanya pangkalan maupun pengecer memberikan biaya tambahan buat jasa pasang atau jasa antar.

“ Agen LPG  yang ada di tidak pernah menaikan harga, karena yang menaikan harga hanya Pertamina. Agen akan menaikan harga jika Pertamina menaikan, untuk bulan puasa, dipastikan tidak ada kenaikan harga,” katanya

Jika alokasi dari Pertamina ke agen dirasa kurang, atau masyarakat membutuhkan penambahan alokasi, lanjut Hendi, Hiswana migas Purbalingga akan berkoordinasi dengan Dinperindag untuk mengusulkan penambahan alokasi lagi ke Pertamina. Untuk mengantisapasi lebaran, HIswana Migas telah menyiapkan pangkalan siaga, yakni setiap desa harus ada pangkalan LPG yang buka di hari lebaran.

“ Saat membeli gas elpigi 3kg, agar memastikan, berat dan keamanan gas tersebut dengan menimbang ulang dan menegecek kondisi bocor atau tidak, langsung di lokasi pembelian atau pangkalan,” katanya (PI-2)