Home Kabupaten Purbalingga Jelang Idul Fitri, YPSP Salurkan Bantuan Beras Lebaran untuk Kaum Difabel Miskin

Jelang Idul Fitri, YPSP Salurkan Bantuan Beras Lebaran untuk Kaum Difabel Miskin

407
0

PurbalinggaNews  – Menjelang lebaran Idul Fitri, Yayasan Perwira Sejahtera Purbalingga (YPSP) mulai menyalurkan beras lebaran yang diperuntukan bagi para difabel atau penyandang cacat miskin di Kabupaten Purbalinga. Bantuan beras lebaran sebanyak 11,9 ton untuk 2.390 penca miskin di 239 desa/kelurahan, dilepas pemberangkatanya oleh Bupati Purbalingga Tasdi, Sabtu (25/6/2016).

“Saya sangat berterimakasih atas gagasan membentuk YPSP yang memberikan manfaat bagi para difabel  miskin di Purbalingga. Hari ini, disalurkan beras lebaran yang akan menjadi berkah bagi mereka. Mudah-mudahan yang dilakukan para pengurus dan donatur akan dicatat sebagai amal ibadah yang akan mendapat pahala dari Alloh SWT,” ujar Bupati Tasdi saat melepas distribusi beras lebaran di halaman Pendapa Dipokusumo, Sabtu (25/6).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tasdi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan YPSP selama 6 tahun sejak kalahirannya. Menurut Tasdi, keberadaan YPSP telah berkontribusi dalam ikut menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga. Bupati berkomitmen untuk mencatatkan dirinya bersama wakil bupati Dyah Hayuning Pratiwi sebagai salah satu donatur tetap YPSP. Khusus untuk kegiatan lebaran ini, Bupati menyumbang Rp 10 juta.

Ketua YPSP Kabupaten Purbalingga Drs H Munir  menuturkan, sejak berdirinya YPSP pada Juni 2011 hingga saat ini telah menyalurkan bantuan beras miskin sebanyak 60 ton dalam lima kali lebaran. Kemudian bantuan beras tiap bulan sebanyak 45 ton 950 kg dan bantuan beras insidental 1.450 kg. “Jumlah total bantuan beras mencapai 107 ton 400 kg. Atau jika diwujudkan dengan uang mencapai Rp 1 miliar,” jelasnya.

Selain bantuan beras, YPSP juga memprogramkan bantuan kursi roda untuk penca miskin sebanyak 43 kursi roda, bantuan pemugaran rumah sebanyak 38 unit, bantuan obat (Baksos milad YPSP) Rp 3.855.000 dan batuan kaki palsu.

“Selepas lebaran nanti, kami akan mengadakan bhakti sosial ulang tahun ke-6 YPSP di dukuh Biting Desa Pengalusan, Kecamatan Pengadegan. Mohon doa restu,” katanya.

YPSP merupakan yayasan yang dimiliki kabupaten Purbalingga yang secara khusus membantu para penyandang difabilitas miskin di Kabupaten Purbalingga. Selama ini, YPSP didukung oleh para donatur yang berasal dari Purbalingga dan sejumlah pengusaha suskses Purbalingga yang berada di perantauan. (Hardiyanto)