Home Kabupaten Purbalingga Kadindik : Seluruh Sekolah Harus Menerapkan MBS

Kadindik : Seluruh Sekolah Harus Menerapkan MBS

382
0

PurbalinggaNews, Pentingnya peran manajamen berbasis sekolah (MBS) dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Purbalingga menjadi perhatian serius Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, SH, MH dalam diseminasi MBS jenjang SD-MI di SDN 1 Purbalingga Kidul, Rabu (18/11). 

“Sampai dengan awal tahun 2016 nanti, semua SD dan SMP sekabupaten Purbalingga sudah selesai pelatihan MBS dan pembelajaran aktif modul II USAID PRIORITAS,” katanya. Oleh karena itu, pihaknya saat ini sedang gencar-gencarnya menyebarluaskan (mendiseminasikan) MBS yang dikembangkan oleh USAID PRIORITAS. 

Kadindik menjelaskan bahwa pelatihan yang dilaksanakan harus dilakukan dengan disiplin. “Bila peserta tidak hadir penuh, maka saya tidak akan tanda tangan sertifikat. Semua harus diawali dari kedisiplinan,” tegasnya sambil menambahkan bahwa pelatihan bukan sekedar mengejar sertifikat. Yang lebih penting adalah untuk meningkatkan profesionalisme para guru.

Untuk mendukung pelatihan kepada semua sekolah, maka pihaknya menyusun strategi penganggaran dengan tiga sumber yaitu mandiri, dari bantuan operasional sekolah (BOS), dan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Purbalingga. Namun jika ada pihak-pihak yang berpartisipasi untuk mengembangkan kemajuan sekolah, pihaknya menyambut baik. Program kerjasama dengan USAID PRIORITAS akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2017 sehingga harus dimanfaatkan secara optimal.

Pelatihan MBS dengan mengadopsi modul dari USAID PRIORITAS, salah satunya yaitu mengembangkan budaya baca. Kepala Dinas juga telah mendorong sekolah-sekolah untuk mengembangkan budaya baca dengan membangun sudut-sudut baca di setiap ruang kelas. Program selanjutnya setelah ada sudut baca adalah melengkapi koleksi buku, sehingga murid semangat untuk membaca sejak dari dini. 

 

Direktur USAID PRIORITAS memberikan apresiasi

Direktur (COP) USAID PRIORITAS Indonesia Stuart Weston yang hadir dan memberi sambutan dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa awal tahun 2016 nanti pihaknya akan memberikan bantuan buku kepada sekitar 150 SD-MI. Masing-masing sekolah akan mendapatkan 600 buku bacaan berjenjang. Buku bacaan berjenjang tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas I-III agar kemampuan membaca anak menjadi lebih baik.

Dalam kunjungannya setelah membuka acara, COP USAID PRIORITAS juga berkunjung ke sekolah mitra di Kabupaten Purbalingga yaitu MINU 2 Tangkisan, MINU Sindang, SMPN 3 Mrebet dan SDN Panican. COP banyak berinteraksi dengan para siswa dan guru di dalam proses pembelajaran. Bahkan Stuart juga berdialog dengan komite sekolah agar komite sekolah mendorong kemajuan sekolah.

 “Saya melihat sudah banyak sekali perubahan positif. Siswa dan guru sudah beriteraksi aktif, banyak produk karya siswa yang bukan hanya barang kerajinan tapi produk kognitif. Manajemen juga sudah partisipatif, akuntabel dan transparan serta dukungan masyarakat juga sudah baik. Kita akan kembangkan terus,” apresiasinya. (Sapto Suhardiyo)