Home Kabupaten Purbalingga Kado HUT, Lanud Wirasaba Dapat Penghargaan Lanud Type C Terbaik.

Kado HUT, Lanud Wirasaba Dapat Penghargaan Lanud Type C Terbaik.

381
0

PurbalinggaNews – Bertepatan dengan perayaan HUT ke-69 TNI Angkatan Udara (AU), Lanud Wirasaba mendapat penghargaan sebagai Lanud Tipe C terbaik. Penghargaan itu, akan diterima langsung oleh Danlanud Wirasaba Letkol Pnb Andreas A Dhewo di Jakarta, Kamis (9/4/2015) malam.

“Ini surprise buat kami karena baru tadi pagi kami mendapat kabar sebagai Lanud terbaik dibawah jajaran Koopsau I Halim Perdana Kusuma. Nanti malam akan diserahkan langsung oleh Kepala Staf AU dalam acara resepsi di Jakarta,” ujar Danlanud Andreas Dhewo usai Upacara HUT TNI AU ke-69 di Alun Alun Purbalingga, Kamis (9/4).

Menurut Dhewo, penghargaan tersebut sangat membanggakan bagi jajaran Lanud Wirasaba, atas kerja keras seluruh jajaran meski hanya berada di level kabupaten (Tipe C-red). Selain kinerja satuan yang ada, Dhewo menambahkan, penghargaan diraih karena selama ini Lanud Wirasaba menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dengan banyaknya kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Alhamdulillah anggota saya selama dua tahun ini (2013-2014) mendapatkan sertifikat bebas narkoba. Tahun ini belum kita cek. Semua anggota negative,” jelasnya.

Sebelumnya, status Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba meningkat dari type D menjadi type C. Peningkatan type itu diresmikan oleh Panglima Komando Operasi (Pangops) TNI AU I Halim Perdana Kusuma, Selasa (24/3). Peningkatan tipe ini bersama dengan 2 Lanud lainnya di Indonesia yakni Lanud Sugiri Sukani (Jatiwangi, Majalengka)  dan Lanud Singkawang II (Kalimantan Timur).

Upacara HUT TNI AU ke-69, dihadiri Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, Danlanal Cilacap, perwakilan Danrem 071/Wijaya Kusuma, FKPD kabupaten Purbalingga, Banyumas dan Banjarnegara. Upacara juga dimeriahkan dengan atraksi terjun payung oleh 8 penerjun TNI Angkatan Udara. Para penerjun, dua diantaranya penerjun sipil, melakukan free fall dari pesawat Cassa TNI AU.

Selain demo udara terjun payung, juga dimeriahkan fly pass pesawat FASI, trike, aeromodeling, dan paramotor yang membawa spanduk HUT TNI AU ke-69. Peserta upacara dan masyarakat juga disuguhi simulasi pembebasan sandera oleh teroris yang dilakukan oleh pasukan TNI AU Lanud Wirasaba dan Polri.

Bupati Sukento bersama Danlanud dan para undangan, berbaur mendemontrasikan gerakan senam Goyang Dumang, setelah sebelumnya sejumlah prajurit TNI AU Lanud Wirasaba mempersembahkan Goyang Prajurit.

Dalam rangka HUT, Lanud Wirasaba juga telah menyelenggarakan kontes burung, gowes sehat dan aksi sosial donor darah. “Sebagai penutup, akan digelar panggung prajurit dan rakyat di lapangan Lanud. Kegiatanya dilangsungkan tanggal 11 April lusa,” jelas Andreas Dhewo. (Hardiyanto)