Home Kabupaten Purbalingga Kalika Laras Juara Festival Kentongan Tahun 2018

Kalika Laras Juara Festival Kentongan Tahun 2018

1044
0
Salah satu peserta festival kenjthongan sedang menampilkan kebolehannya

PurbalinggaNews – Setelah melalui penjurian ketat,grup kentongan Kalika Laras Desa Kalikajar Kec. Kaligondang berhasil mengumpulkan point tertinggi dari penilaian tim juri festival kentongan yang dipusatkan di lingkar utara alun-alun Purbalingga, Minggu malam (26/08). Kalika Laras berhasil mengungguli 12 grup kentongan lainnya yang mengikuti festival dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT ke 57 RI Kabupaten Purbalingga.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Subeno, MM. selaku Ketua Penyelenggara kegiatan menyampaikan, semula peserta berjumlah 14 yang mendaftarkan diri, namun sampai waktu pelaksanaan hanya tampil 13 grup. Untuk para peraih juara mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan yang jumlahnya Rp. 3.000.000., untuk peraih juara pertama.

BACA JUGA   Rantang Berkah, Perlindungan Karitatif Lansia Sebatangkara

“Sedangkan juara kedua yang diraih grup Laskar Ajisaka mendapatkan Rp. 2.750.000,- juara ketiga yaitu grup Citra Nada mendapatkan Rp. 2.500.000. Juara harapan 1, 2 dan 3 masing-masing dari grup kentongan Titir Budaya, Irama Sabuk Wulung dan Putra Dewa mendapatkan Rp. 1.750.000., Rp. 1.500.000., dan Rp. 1.000.000.,’” kata Subeno.

Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. bersama suami Rizal Diansyah dan jajaran Forkopimda Purbalingga yang hadir menyaksikan festival kentongan tersebut, memberikan apresiasi kepada warga yang antusias memeriahkan  gelaran festival hingga tumpah ruah memenuhi alun-alun Purbalingga. Atas antusias warga menyaksikan festival, dirinya berjanji bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Purbalingga akan mengagendakan penyelenggaraan festival thek-thek/kentongan, rutin setiap tahunnya.

BACA JUGA   Tari Ranggawis SMA N 1 Purbalingga Juara 1 Tingkat Provinsi

“Terima kasih atas kehadiran seluruh warga Purbalingga memeriahkan festival ini, dan sebagai masyarakat Purbalingga harus turut berbangga karena kesenian thek-thek Purbalingga yaitu rampak kentong Purbamas yang berjumlah 75 orang selalu menjadi langganan untuk tampil mengisi acara  kegiatan kesenian dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara,” kata Plt. Bupati Tiwi.

Menurutnya, festival kentongan dalam rangka memperingati HUT ke 57 RI, selain bertujuan memberikan hiburan kepada masyarakat, juga bertujuan nguri-uri budaya khususnya kesenian lokal thek-thek/ kentongan. Plt. Bupati Tiwi juga meminta pada setiap event Pemda, grup rampak kentong Purbamas untuk ditampilkan karena merupakan salah satu kebanggaan Purbalingga. (t/humas)