Home News Inovasi Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas) Diresmikan

Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas) Diresmikan

164
0
Kampung wisata tematik Sikadut (Katamas) Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Kamis (22/12/2022).

PURBALINGGA INFO, Kampung wisata tematik Sikadut (Katamas) Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Kamis (22/12/2022). Hadir pada kegiatan itu juga forkompimcam Bobotsari, pegiat wisata dan tokoh masyarakat desa tersebut.

Kadinporapar Ir. Prayitno, M.Si saat meresmikan Kampung Wisata Tematik Sikadut mengatakan  semua desa wisata harus menerapkan sapta pesona yakni aman, tertib, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Kemudian juga menerapkan prinsip 6 A antara lain Attraction (Atraksi), Accessibilities (Akses), Amenities (fasilitas pendukung), Accommodation (Penginapan), Activities (aktivitas), Ancillary services (Layanan Pendukung).

” Para pelaku pariwisata terutamanya teman teman Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) harus mampu menerapkan prinsip sapta pesona agar para pengunjung wisatawan tidak kapok untuk datang kembali ke Katamas ini, ” ujarnya. Prayitno juga berharap adanya wisata tematik ini diharapkan geliat wisata di Purbalingga semakin kencang. Sehingga bisa menarik para pengunjung yang berdampak pada peningkatan roda ekonomi masyarakat.

BACA JUGA   kliping media

Sedangkan kepala desa Karangtalun, Heru Catur Wibowo mengatakan Katamas merupakan desa wisata yang menyuguhkan konsep wisata yang terfokus pada edukasi. Heru berharap pengembangan desa wisata tematik bisa berdampak pada peningkatan roda perekonomian masyarakat desanya.

 ” Katamas mempunyai beberapa wahana edukasi antara lain wahana bermain anak, edukasi perikanan, edukasi pertanian buah buahan dan kuliner. Katamas ini memiliki luasan area 4 hektar yang nanti bisa dikembangkan lagi, ” pungkasnya. (dy)

Previous article600 Wanita Kampanyekan Kebaya Sebagai Budaya Tak Benda Dalam Parade Purbalingga Berkebaya
Next articleEvent Parade Purbalingga Berkebaya, Bentuk Dukungan Kebaya Goes To Unesco