Home Kabupaten Purbalingga Ki Dalang Kukuh Bayu Aji dan Bima Setya Aji ramaikan Ruwat Bumi...

Ki Dalang Kukuh Bayu Aji dan Bima Setya Aji ramaikan Ruwat Bumi desa Jetis

2124
0
Pagelaran wayang kulit semalam suntuk, ikut meramaikan kegiatan ruwat bumi di Desa Jetis Kecamatan Kemangkon,, Jumat malam (14/9).

PurbalinggaNews – Ki Dalang Kukuh Bayu Aji dan Ki Bima Setya Aji mengelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk, ikut meramaikan kegiatan ruwat bumi di desa Jetis Kecamatan Kemangkon kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Jetis, Jumat malam (14/9).

“Pagelaran wayang kulit ini merupakan rangkaian kegiatan ruwat bumi di desa kami, setelah rangkaian arak-arakan gunungan hasil bumi yang dilaksanakan pada siang hari, dilanjutkan wayang kulit di malam harinya,” kata Kepala Desa Jetis Cahyani Dwi Hargani saat memberikan sambutan.

Ditambahkan Kades Ica,”Ki dalang Kukuh dengan putranya ki dalang Bima setya Aji kami pilih untuk meramaikan ruwat bumi karena beliau telah dikenal oleh warga masyarakat sebagai dalang kondang dan banyak penggemarnya di wilayah kabupaten Purbalingga,” tambahnya.

BACA JUGA   97 Peserta Magang Ke Jepang se-Jawa Ikuti Pelatda di Purbalingga

Kabid. Pembinaan dan Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Purbalingga Agus Budiman hadir mewakili Plt. Bupati Purbalingga yang berhalangan hadir menuturkan, “Ibu Plt. Bupati Purbalingga menghaturkan salam sejahtera pada seluruh warga dan permohonan maaf karena tidak bisa hadir dalam pagelaran wayang kulit peringatan ruwat bumi malam ini karena ada acara di luar kota. Namun kami dari pemerintah kabupaten Purbalingga memberikan apresiasi pada pemerintah desa Jetis karena dapat mengadakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian nguri-nguri budaya yakni ruwat bumi dan pagelaran wayang kulit,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia ruwat bumi desa Jetis Sudirman yang juga selaku Kepala Dusun II menuturkan, “Kegiatan ini selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, kegiatan ini dapat sebagai sarana untuk mendekatkan diri dan silaturahmi seluruh elemen warga Jetis, serta dapat menjadi ajang hiburan bagi warga kami dan warga di luar desa yang ikut menyaksikan ruwat bumi ini dan Pagelaran wayang kulit semalam suntuk,” tungkasnya.

BACA JUGA   Setiap Sekolah Wajib Laporkan Pelaksanaan PTM setiap hari.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, pemerintah desa Jetis memberikan tali asih dan santunan bagi 26 anak Yatim dan 47 kaum dhuafa yang ada di desa Jetis. Dilanjutkan dengan penyerahan lakon wayang Rojo Molo yang diserahkan oleh Camat Kemangkon Drs. Muh. Nurhadi, MM kepada Ki dalang Kukuh Bayu Aji dan lakon wayang Werkudara oleh Kepala Desa Jetis kepada Ki dalang Bima Setya Aji. Sedangkan ratusan warga masyarakat menikmati pagelaran wayang kulit hingga paripurna. PI – 10.