Home Kabupaten Purbalingga Kontingen Purbalingga Targetkan Raih Juara Jamda Ke IV

Kontingen Purbalingga Targetkan Raih Juara Jamda Ke IV

987
0
Kontingen Purbalingga Putri berfoto bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah saat peninjauan kontingen, Senin (2/7)

PurbalinggaNews – Kabupaten Purbalingga yang menjadi tuan rumah Jambore Daerah (Jamda) Ke IV menargetkan dapat meraih juara pada tiga jenis perlombaan. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga saat dijumpai di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Senin (2/7).

“Kita akan mencoba meraih dan merebut prestasi pada tiga macam lomba yaitu lomba K3 perkemahan, penggalang hebat, dan pentas budaya,” kata Sutarko.

Untuk mencapai target tersebut, kontingen Purbalingga telah mempersiapkan selama kurun waktu empat bulan sebelum pelaksanaan Jamda. Adapun persiapan yang dilakukan dimulai dari seleksi calon peserta, penetapan calon peserta, pengukuhan peserta dan pemusatan lainnya.

“Adapun kesiapan yang lainnya meliputi persiapan perbekalan sarana, prasarana dan kelengkapan lain yang terkait dengan perkemahan serta kegiatan,” jelasnya.

Ia menjelaskan untuk seleksi Kwarcab telah mengundang seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) yang ada di Purbalingga untuk mengikuti seleksi. Syarat calon peserta jamda yakni penggalang yang masih aktif di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau siswa kelas empat sampai kelas enam.

“Yang kedua kita coba kesehatan jasmani rohani, ketangkasan keterampilan pramuka, bakat minat atau istilah sekarang talentanya,” tambah Sutarko.

Heni Prihaswawi, Pimpinan Kontingen Purbalingga Putri menyampaikan Kabupaten Purbalingga mengirimkan dua kontingen pada Jamda ke IV karena menjadi tuan rumah pada Ajang Jamda. Ia menjelaskan Kontingen Purbalingga memberangkatkan 64 peserta yang terdiri dari utusan Kwarran yang ada di Purbalingga.

“Namun dalam perjalanannya kami kan seharunya 80, dikasih kehormatan karena sebagai tempat dikasih dua kontingen. Namun karena proses penyeleksian dan yang diutamakan pramuka penggalang, sehingga kami hanya memberangkatkan sebanyak 64 peserta itu yang bertahan,” tutur Heni.

Kontingen Purbalingga sendiri, terdiri dari Kontingen Purbalingga 1 dan Kontingen Purbalingga 2 yang masing-masing terdiri dari dua regu putra dan dua regu putri. Nantinya peserta akan mengikuti seluruh kegiatan dan kegiatan yang dilombakan.

“Untuk pentas seni, Purbalingga akan menampilkan tarian capat cipit dan untuk Penggalang Hebat masing-masing regu mengirimkan perwakilannya nanti di sana dikasih pertanyaan nanti anak-anak menjawab benar atau salah,” terangnya. (PI-7)