Home Kabupaten Purbalingga Korp Marinir Bakal Meriahkan Hari Jadi Purbalingga

Korp Marinir Bakal Meriahkan Hari Jadi Purbalingga

399
0

PurbalinggaNews  – Peringatan Hari Jadi ke 185 Kabupaten Purbalingga yang akan dirayakan 18 Desember 2015, dipastikan bakal meriah. Hal itu setelah diperoleh kepastian bakal hadirnya 400 personil Korp Marinir TNI Angkatan Laut beserta sejumlah kendaraan tempur lapis baja yang dimilikinya.

Rencananya, para marinir yang akan tiba di Purbalingga sejak 17 Desember mendatang akan ikut berperan dalam sejumlah acara seperti Upacara Peringatan Hari Jadi di Alun-Alun, Static Show Kendaraan Tempur Marinir di Jalan Alun Alun Utara, Terjun Payung dan Kirab Korp Marinir saat pelaksanaan Pawai Budaya, Minggu (20/12).

Kehadiran Korp Marinir dalam mendukung Peringatan Hari Jadi Purbalingga, kata perwakilan Korp Marinir Letkol Sumarsono masih dalam rangkaian HUT ke 70 Korp Marinir (15/11) dimana rangkaian kegiatannya sudah dilaksanakan di Jakarta dan sejumlah daerah.

“Di sini ada pahlawan nasional Usman Janatin, sehingga Purbalingga msuk dalam rangkaian kegiatan HUT Korp Marinir. Kegiatannya kami barengkan dengan peringatan Hari Jadi kota ini,” jelasnya saat Rapat Persiapan Hari Jadi bersama Pj Sekretaris Daerah Kodadiyanto dan seluruh unsure panitia di Operation Room Graha Adiguna, Jumat (4/12/2015).

Menurut Letkol Sumarsono, diadakannya kegiatan di Purbalingga selain untuk menjalin kedekatan TNI AL dengan Pemkab dan unsure TNI – Polri di daerah juga agar TNI AL lebih dekat dan dikenal masyarakat Purbalingga yang jauh dari unsure laut. “Masyarakat juga dapat mengenal kami lebih dekat,” katanya.

Dijelaskan Letkol Sumarsono, kegiatan yang akan dilakukan oleh tim Korp Marinir diantaranya atraksi kolone senapan dan rampak bedug yang akan dipentaskan usai upacara peringatan hari jadi ke 185, Jumat (18/12) di Alun Alun Purbalingga. Pada saat yang sama panitia juga akan menggelar tarian kuda lumping masal.

Sejak Kamis malam (17/12), masyarakat juga dipastikan dapat menyaksikan pameran atau static show perlengkapan senjata dan kendaraan tempur Marinir yang akan dipusatkan di jalan Alun Alun Utara. Pameran ini dapat dikunjungi masyarakat hingga 20 Desember.

“Ada enam kendaraan tempur lapis baja dan dua kendaraan roket kami bawa ke Purbalingga. Namun kedatanganya bertahap, yang pasti 18 Desember pagi seluruhnya sudah static show di Alun Alun,” jelasnya.

Kegiatan terakhir para Marinir di Purbalingga, dijadwalkan mengikuti Pawai Budaya dan Kirab TNI AL pada Minggu (20/12) pagi. Bersama perwakilan pawai budaya dari seluruh kecamatan di Kabupaten Purbalingga, rencananya Korp Marinir akan menghadirkan 3 SSK sekira 250 personil untuk mengikuti pawai. Termasuk 8 kendaraan tempur yang ada juga ikut dikirab dari depan SMA Negeri 1 Purbalingg hingga finish di Alun Alun Purbalingga.

“Kami juga akan menghibur masyarakat dengan atraksi terjun payung yang akan diikuti 20 peterjun korp Marinir,” tambahnya.

Pj Sekda yang juga Ketua Panitia Hari Jadi Purbalingga, Kodadiyanto, mengajak masyarakat memanfaatkan momentum peringatan Hari jadi Purbalingga untuk melihat dari dekat berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia dan Korp Marinir.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan berbagai acara yang digelar,” katanya.

Menurut Kodadiyanto, pada peringatan Hari Jadi ke 185 kabupaten Purbalingga kali ini, akan diselenggarakan sejumlah kegiatan pokok yakni Ziarah ke Makam Leluhur pada Rabu (16/12), Sidang Paripirna DPRD Kamis (17/12), Malam Tasyakuran Kamis (17/12), upacara peringatan hari jadi pada Jumat (18/12) dan malam harinya diselenggarakan malam resepsi.

Selain itu ada banyak kegiatan pendukung diantaranya Kejurnas Tenis Purbalingga Open yang akan berlangsung hingga Sabtu besok, kemudian Pentas Band Lokal di Usman Janatin pada Minggu (13/12), Festival Ebeg Jumat (18/12), Pentas Hiburan Rakyat di Stadion Goentoer Darjono (19/12), menghadirkan artis ibukota Hello Band, Yodha, Tania dan Bening .

Acara penutup berupa Pawai Budaya dan Kirab TNI AL pada Minggu (20/12) dengan start di SMA Negeri 1 Purbalingga dan finish di Alun Alun. “Kegiatan lain masih bersifat tentative seperti donor darah, jalan sehat, sepeda sehat dan lainnya. Waktunya ditentukan kemudian,” tambahnya.

Peringatan Hari Jadi ke-185 kabupaten Purbalingga tahun ini, mengambil thema Dengan Suksesi Kepemimpinan Kabupaten Purbalingga 2015, Kita Wujudkan Purbalingga Yang Lebih Sejahtera. (Hardiyanto)