Home News Ekonomi Lampaui Target PAD, DPRD Rekomendasikan Pertahankan Capaian

Lampaui Target PAD, DPRD Rekomendasikan Pertahankan Capaian

90
0
Tongat saat menyampaikan laporan Banggar atas Raperda

PURBALINGGA INFO- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purbalingga melampaui target yang ditetapkan. Hal tersebut disampaikan juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Purbalingga, Tongat saat menyampaikan laporan pembahasan tingkat komisi tentang Raperda Pertanggungjawaban atas pengelolaan APBD 2021 pada acara persetujuan bersama Raperda tentang pertanggungjawaban Bupati Purbalingga atas pengelolaan APBD 2021, Jumat (24/6/2022) di ruang paripurna DPRD Purbalingga.

Tongat mengatakan, PAD Kabupaten Purbalingga melampaui target yang ditetapkan yaitu sebesar 130, 39 persen. Menyikapi hasil tersebut, DPRD meminta kepada Pemkab Purbalingga untuk tidak berpuas diri dengan mempertahankan bahkan meningkatkan pencapaian tersebut.

“Kami mengapresiasi apa yang telah capai namun tetap harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” katanya.

Ada beberapa rekomendasi yang dikeluarkan DPRD Purbalingga terkait hal tersebut yaitu Pemkab menyelesaikan semua persyaratan agar kembali mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID), menggali PAD dari sektor pajak, melakukan evaluasi deviasi yang terlalu jauh antara nilai kontrak dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS).

“Pemkab juga harus  menindaklanjuti temuan BPK tahun 2021. kemudian Pemkab harus lebih cermat dan inovatif dalam proses perencanaan anggaran yang sejalan dengan RPJMD,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pemkab juga harus segera membentuk pengelola dana CSR dari perusahaan, menyusun payung hukum tentang retribusi daerah dan melakukan koordinasi dengan Pemprov tentang galian C. “Memastikan kegiatan pertambangan galian C di Purbalingga sudah memiliki izin semua,” imbuhnya.

Bupati Tiwi saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna DPRD

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah membahas Raperda tersebut secara mendalam hingga mendapatkan persetujuan. “Terima kasih kami sampaikan kepada DPRD Purbalingga yang telah membahas Raperda tersebut secara mendalam sehingga hari ini bisa mencapai persetujuan bersama,” pungkasnya. (LL/Kominfo).