Home Kabupaten Purbalingga Launching Perpusdes, Pemkab Purbalingga Ajak Maksimalkan Pemanfaatan Perpustakaan

Launching Perpusdes, Pemkab Purbalingga Ajak Maksimalkan Pemanfaatan Perpustakaan

687
0
Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra sedang menunjukan buku di Perpusdes Karangnangka, Kecamatan Bukateja, Kamis (26/7)

PurbalinggaNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mengajak masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan untuk mewujudkan misi ke 4 (empat) Kabupaten Purbalingga yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia utamanya melalui peningkatan derajat pendidikan dan derajat kesehatan. Pemanfaatan perpustakaan tentunya juga harus dibarengi dengan menjadikan perpustakaan lebih dekat dan menarik bagi masyarakat.

“Beberapa upaya yang dilakukan agar perpustakaan menarik adalah dengan selalu menyediakan bacaan yang terkini serta melengkapi keanekaragaman koleksi perpustakaan sesuai kebutuhan masyarakat,” demikian disampaikan Asisten 1 Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Agus Winarno,M.Si. membacakan sambutan Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE. B.Econ. saat launching perpustakaan Tholabul ‘ilmi Desa Karangnangka Kec.Bukateja, Kamis (26/7).

BACA JUGA   Dilantik, 11 Pejabat Diberi Waktu Seminggu Berbenah

Mengenai peran penting perpustakaan dan pembudayaan membaca, Agus melanjutkan, Pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan tersurat dalam pasal 48 (empat puluh delapan) hingga 51 (lima puluh satu) yang merinci pembudayaan membaca menjadi tiga jalur yaitu jalur keluarga, jalur satuan pendidikan dan juga jalur masyarakat yang semuanya difasilitasi pemerintah.

“Maka saat ini dibutuhkan kerjasama dan goodwill dari semua pihak dan kalangan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, satuan pendidikan maupun masyarakat untuk ikut mengembangkan kegemaran membaca melalui pemberdayaan perpustakaan,” katanya.

Sebelum launching perpusdes yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Purbalingga Ny. Irma Wahyu Kontardi disaksikan Plt. Dinarpus Kab. Purbalingga Drs. Imam Hadi, M.Si., Camat Bukateja Sutono, S.Pd. dan sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga lainnya, diselenggarakan lomba mewarnai bagi siswa TK/RA/BA se Kec. Bukateja yang diikuti 400 peserta, dan lomba dimenangkan oleh siswa TK Pertiwi Cipawon atas nama Vina.

BACA JUGA   Kenalkan Produk Purbalingga Lewat 6 Kostum Tematik

Menurut salah satu pengurus perpustakaan, Neny Febriyani, perpusdes Tholabul ‘ilmi saat ini memiliki sekitar 1000 (seribu) buku terdiri dari buku karya umum, buku filsafat, buku-buku agama, buku ilmu-ilmu sosial, buku Bahasa, buku ilmu-ilmu murni, buku ilmu-ilmu terapan (teknologi), buku kesenian dan olahraga, buku kesusastraan dan buku sejarah dan geografi (t/humas)