Home Info Lestarikan Budaya Lokal Melalui FK Metra

Lestarikan Budaya Lokal Melalui FK Metra

108
0
Lestarikan Budaya Lokal Melalui FK Metra

PURBALINGGA, INFO – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Purbalingga kembali mengikuti festival pertunjukan rakyat (Pertunra) 2022 tingkat Jawa Tengah secara online. Kegiatan bertujuan untuk melestarikan budaya lokal terutama bagi para pemuda. Pementasan yang digelar di Panggung Kesenian Mahesa Jenar Purbalingga, Kamis (23/6) malam tersebut melibatkan 15 pemain yang mayoritas pemuda usia 18 hingga 23 tahun.

Dikatakan oleh Sutarko, Wakil Ketua FK Metra Purbalingga, pada festival pertunra 2022 ini FK Metra Purbalingga menggelar pertunjukkan dengan judul “Slarangsurup” yang artinya salah paham. Inti cerita dari pementasan ini bahwa vaksin bukanlah syarat untuk mendapatkan bantuan, akan tetapi vaksin untuk kebaikan warga agar kebal terhadap virus corona.

Sutarko menjelaskan, pesan yang ingin disampaikan melalui pementasan ini antara lain untuk mengingatkan masyarakat bahwa meskipun pandemi virus covid-19 sudah melandai, akan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan, jangan lengah dan senantiasa bahu-membahu untuk terus menjaga kesehatan.

Pertunjukan FK Metra menggabungkan antara seni peran, seni musik, dan seni tari tradisional

“ Dalam rangka menarik daya minat dari para generasi muda ini, kita melalui sanggar Dresanala memberikan motivasi, contoh-contoh, dan mengajak mereka untuk bersama-sama mencintai dulu, setelah itu kita ajak bersama-sama untuk mengikuti latihan rutin, ” ungkapnya.

Saat ini sanggar Dresanala memberdayakan para generasi muda dalam rangka melestarikan seni budaya tradisional seperti seni pertunjukan, seni musik tradisional, seni suara, seni tari, wayang, dan sebagainya.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti yang hadir pada pementasan FK Metra berharap agar dapat mengulang kesuksesan dalam festival Pertunra yang pernah mengharumkan nama Purbalingga di tingkat provinsi Jawa Tengah. FK Metra Kabupaten Purbalingga sendiri pernah menyabet juara 1, juara 2, dan juara harapan 1 pada festival Pertunra yang melibatkan FK Metra dari seluruh kabupaten se-Jawa Tengah.

“ Seperti harapan kita bersama mudah-mudahan keikutsertaan FK Metra pada festival pertunjukan rakyat kali ini benar-benar bisa mengulang kejayaan kembali bagi Kabupaten Purbalingga, di mana kita pernah meraih yang terbaik dari yang baik-baik, ” ujarnya. (fph/kominfo)