Home Kabupaten Purbalingga Malam Pergantian Tahun, Polres Berlakukan Car Free Night

Malam Pergantian Tahun, Polres Berlakukan Car Free Night

489
0

>PurbalinggaNews  – Mengantisipasi kemacetan arus lalu-lintas pada perayaan pergantian tahun, jajaran Polres Purbalingga akan menerapkan zona bebas kendaraan  bermotor (Car Free Night) di tiga kawasan yang menjadi pusat keramaian. Masing-masing di kompleks alun-alun, kompleks Stadion Goentoer Darjono dan jalan dari alun alun menuju stadion Gonetoer Darjono.

“Jadi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun 2014 menuju tahun 2015 di kawasan tersebut harus berjalan kaki untuk menuju lokasi tersebut. Kawasan tersebut steril dari kendaraan bermotor,” katanya Kapolres AKBP Anom Setyadji kepada wartawan, Selasa (30/12/2014).

Kendati demikian,  pihaknya bersama Pemkab Purbalingga menyediakan kantong-kantong parkir kendaraan bermotor menuju tiga kawasan tersebut. Pusat keramaian memang ada di tiga kawasan itu.  Konsep Car Free Night akan diberlakukan pada Rabu (31/12) mulai pukul 18.00 WIB. “Personel dari kepolisian, TNI dan Satpol PP akan menjaga zona masuk ke kawasan Car Free Night tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA   Bupati : Penggunaan APBD 2018, Harus Tepat Sasaran

Dengan ditutupnya sejumlah ruas jalan tersebut, secara otomatis akan ada perubahan jalur lalu lintas. Sementara untuk parkir kendaraan, polisi menerapkan sepuluh  zona parkir tak jauh dari zona bebas kendaraan.

Sementara itu untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan curanmor, petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP ditempatkan di kantung-kantung parkir. Petugas juga akan merazia minuman keras yang dibawa oleh para pengunjung.

“Pendeteksian dini terhadap aksi teror juga kami lakukan terutama di tiga pusat keramaian tersebut. Kami juga akan menindak tegas masyarakat yang melanggar lalu lintas,” katanya.

Polres sendiri, menerjunkan jumlah personel sebanyak 2/3 kekuatan yang ada. Polisi juga akan disigakan di sejumlah lokasi strategis dan obyek vital. Pihaknya berkeinginan agar kondisi Kamtibmas tetap terjaga saat perayaan tahun baru. (Hardiyanto)

 

BACA JUGA   Pemkab Purbalingga Siapkan Tim Reaksi Cepat Kesehatan