Home Kabupaten Purbalingga Malam Tahun Baru, Komplek Alun Alun Diberlakukan Car Free Night.

Malam Tahun Baru, Komplek Alun Alun Diberlakukan Car Free Night.

417
0

PurbalinggaNews  – Demi menghindari kemacetan arus lalu lintas pada malam pergantian tahun 2015 menuju 2016, Polres Purbalingga memberlakukan car free night untuk sejumlah ruas jalan khususnya di komplek Alun Alun dan Stadion Goentoer Darjono.

Rencananya, pemberlakuan Car Free Night akan dilaksanakan di sejumlah ruas jalan yakni ruas jalan lingkar Alun Alun, Jalan Jambu Karang hingga pertigaan jalan Achmad Nur, Jalan Onje hingga pertigaan Jl Dipokusumo.

Kemudian akses jalan dari Alun Alun menuju Stadion Goentoer Darjono meliputi Jl Piere Tendean hingga pertigaan Darmin, Jl AW Sumarmo kebarat hingga pertigaan Polsek dan akses jalan menuju stadion.

“Car Free Night akan diberlakukan mulai pukul 18.00 hingga 00.00 pada Kamis (31/12). Mulai saat itu, jalan yag ditetapkan sebagai Car Free Night harus steril dari kendaraan,” jelas Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Noor Yadi saat Rakor persiapan pengamanan tahun baru, di Aula Mapolres setempat, Rabu (30/12/2015).

Pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas, dimana sejumlah lokasi jalan ditetapkan sebagai kantong-kantong parkir baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Kanotng parkir di seputar Alun Alun meliputi ruas jalan Jenderal Sudirman Timur hingga Pos Polisi, Jend. Sudirman Barat hingga pertigaan Mayong, Jl Ahmad Nur, Sebagian Jl Jambu Karang, Jl Dipokusumo dan sebagian Jl Onje.

Kemudian untuk sisi tengah, meliputi ruas jalan Komisaris Notosumarsono dari depan Polsek kota hingga Taman Kota Usman Janatin, dan Jalan Letkol Isdiman ke timur hingga perempatan banteng.

Kantong parkir juga disiapkan di bagian Selatan Stadion Goentoer Darjono tepatnya sepanjang jalan lingkar Kalikabong dan Lapangan Purbalingga Kidul. “Khusus untuk jalur Jl Komisaris Notosumarsono, area parkir hanya menggunakan separo jalan.  Yang separo untuk akses keluar masuk kendaraan darurat, seperti ambulance, pemadam kebakaran dan mobil polisi,” jelasnya.

Dia menambahkan, akses jalan yang dapat dilalui warga meliputi Jl DI Panjaitan, Jl Pujowiyoto, Jl Kapten Sarengat, Jensud ke timur, Jl Letkol Isdiman, Jl A Yani, Jl Suprapto, Jl Wirasaba (Gang Mayong).

Sementara Kapolres Purbalingga AKBP Anom Setyadji menuturkan konsentrasi pengamanan malam tahun baru akan dilakukan di tiga titik keramaian yakni Alun Alun, Taman Kota Usman Janatin, dan Stadion Goentoer Darjono sebagai pusat kegiatan malam tahun baru.

“Kekuatan pengamanan yang aka diterjunkan mencapai 570 personel. Yakni dari Polri 344, TNI 166, Satpol PP 60, personel Dinhub 30, BPBD dan DKK atau PMI masing-masing 10 personel,” jelas Kapolres.

Kepada personel pengamanan tahun baru, Kapolres mengingatkan agar selalu waspada dalam melaksanakan tugas. Kapolres mengingatkan bahwa saat ini tidak ada jaminan Purbalingga aman. Sehingga dalam bertugas tidak sendirian terutama ditempat-tempat yang rawan. “Keselamatan diri harus diutamakan,” tandasnya.

Kepada jajaran Polsek diwilayah kabupaten Purbalingga juga diminta tetap waspada dalam mengamankan wilayahnya masing-masing. Menurut Kapolres, selain kegiatan keramaian di wilayah kota, sejumlah wilayah juga akan melaksanakan kegiatan pergantian tahun.

Dia menyebutkan, di wilayah Bobotsari ada sejumlah kegiatan menyambut pergantian tahun di desa Dagan berupa pentas dangdut dan penyalaan kembang api di Pancuran Ciblon dan Limbasari. Di Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol juga akan ada pentas music dangdut. Termasuk di Karangreja dan Karangjambu. (Hardiyanto)