Home Kabupaten Purbalingga Masih Banyak Veteran Belum Tahu Haknya

Masih Banyak Veteran Belum Tahu Haknya

582
0

PurbalinggaNews – Meski UU Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia telah terbit dua tahun lalu, kenyataannya masih banyak veteran yang tidak tahu – menahu tentang haknya. Ketua Markas Daerah LVRI Propinsi Jawa Tengah Kolonel ( Purn) Kadarman meminta masyarakat yang mengetahui hal ini untuk menyampaikan kepada yang bersangkutan, keluarga atau ahli warisnya.

“Sangat mungkin para veteran yang kebanyakan sudah lanjut usia itu tidak mengikuti informasi, karena sakit, lemah, pikun atau kendala lainnya. Jadi saya mohon, masyarakat yang mengetahui hal ini untuk memberi tahu pada keluarganya, atau ahli warisnya terutama jandanya,” jelasnya usai Pembukaan Muscab LVRI Markas Cabang Kabupaten Purbalingga di Pendopo Cahyana, Rabu (25/2).

Mantan Komandan Batalyon 406 Bojong tahun 1975 – 1976 ini menjelaskan hak-hak veteran yang didasari UU ini dipaparkan secara teknis dalam PP No 79 Tahun 2014, Kepres No 30 Tahun 2014, PP No 67 Tahun 2014, serta 3 Peraturan Menhan, yaitu No 35 Tahun 2014, No 36 Tahun 2014 dan No 37 Tahun 2014. Salah satu poin pentingnya, veteran berhak atas tunjangan kehormatan sesuai dengan golongannya. Jika yang bersangkutan telah meninggal, janda dan anak-anaknya juga berhak mendapatkan tunjangan.

“Tunjangan kehormatan itu cukup lumayan dan berarti. Golongan A mendapat Rp1,6 juta per bulan, sampai terendah golongan E mendapat tunjangan Rp1,4 juta. Sementara bagi veteran hak pensiun diberikan sebesar 50 persen,” rinci Kadarman.

Tak hanya itu, veteran dan keluarganya juga berhak atas asuransi kesehatan yang masuk dalam BPJS. Para veteran yang meninggal dunia juga berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

“Yang terpenting, silahkan veteran tersebut atau janda dan anaknya, didaftarkan ke Markas Cabang LVRI terdekat untuk didata. Kalau datanya sudah masuk, hak itu baru bisa diterima,” imbuh Kadarman yang memuji pemerintah sudah semakin memperhatikan nasib para pejuang dan keluarganya.

Macab LVRI Kabupaten Purbalingga mencatat ada 255 anggota. Dari jumlah itu, ada 65 veteran PKRI, 92 veteran pembela dan 95 janda pejuang. Sedangkan veteran pembela terdiri dari pejuang trikora sebanyak 32 orang, pejuang dwikora 4 orang, dan pejuang Seroja sebanyak 65 orang.  

Dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Drs Sukento Rido Marhaendrianto, perwakilan Forum Pimpinan Daerah, Kepala SKPD terkait dan keluarga veteran ini, akan memilih ketua baru Markas Cabang LVRI Kabupaten Purbalingga yang kini masih dijabat oleh Toha Adam. Bupati berharap, LVRI kedepan mampu ikut berkiprah dan memberikan bimbingannya kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga demi kemajuan daerah. (Estining Pamungkas)