Home Kabupaten Purbalingga Owabong Bangun 22 Rumah Tinggal Sementara Untuk Korban Gempa Palu

Owabong Bangun 22 Rumah Tinggal Sementara Untuk Korban Gempa Palu

667
0
Direktur PD Owabong Hartono (dua dari kanan) memberikan bantuan ke pengelola posko bantuan Kota Palu.

PurbalinggaNews – Tim kemanusiaan Perusahaan Daerah (PD) Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga untuk korban gempa Palu dan Donggala, Senin (8/10) ini berada di lokasi bencana. Mereka memberikan bantuan dan membantu para korban bencana. Selain bahan makanan, bantuan yang mendesak dibutuhkan berupa rumah singgah sementara.

“Kami membuatkan rumah tinggal sementara untuk korban gempa di Palu. Rumahnya sederhana, setiap rumah Rp 5 juta yang diisi satu keluarga. Setidaknya kami akan membangun 22 rumah,” kata Direktur PD Owabong, Drs Hartono melalui pesan whatsapp, Senin (8/10) sore.

Hartono berangkat bersama tiga relawan lainnya dari Owabong. Mereka bergabung dengan relawan lainnya di Kota Palu. Ketika di Palu, pihaknya juga bertemu dengan Tim SAR Purbalingga yang menjadi relawan.

Menurut Hartono, pihaknya membuatkan rumah tinggal sementara karena hampir sebagian besar bantuan yang datang berupa  bahan makanan dan minuman. “Karena belum banyak yang memikirkan tempat tinggal, maka kami membuatkan rumah tinggal sementara,” kata Hartono.

Diungkapkan Hartono, hampir 50 persen warga Kota Palu sudah keluar kota untuk mengungsi. Yang banyak di kota hanya relawan. Banyak rumah kosong ditinggal pemiliknya. Sampai sekarang, anak-anak juga belum ada yang sekolah.

“Sampai saat ini hanya ada 1-2 warung, sehingga sangat sulit cari makanan di luar. Makanan hanya ada di dapur umum posko bantuan. Untuk toko swalayan juga sudah tidak ada yang buka, kecuali  Transmart, semunya sudah dijarah,” kata Hartono. (y)