Home Kabupaten Purbalingga Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi

Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi

658
0
Plt. Bupati Purbalingga saat berfoto bersama Forkopimda (Forum Kordinasi Pimpinan Daerah) usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Alun-alun Purbalingga (1/10).

PurbalinggaNews – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Senin (1/10) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun Purbalingga. Upacara ini juga diikuti oleh segenap Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tiga kompi yang terdiri Yonif 406 Candra Kusuma, Kodim 0702/Purbalingga, Lanud Jendral Besar Soedirman, Polres, Linmas, Korpri, Osis dan Pramuka.

Upacara kali mengambil tema ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi’. Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon selaku inspektur upacara berpesan agar masyarakat Purbalingga tetap memegang teguh Pancasila sebagai ideology bangsa.

“Saya minta, masyarakat Purbalingga untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Sekaligus menjaga agar ideology Pancasila tetap tegak sebagai ideology bangsa Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA   TMMD, Usaha Menumbuhkan Kembali Gotong Royong

Seperti yang diketahui sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diawali ketika tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya.

Akan tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada hari itu, enam Jenderal dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta.

Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA   250 Penderes Desa Sangkanayu Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Personel Polres Purbalingga menjadi petugas upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini. Bertindak selaku perwira upacara Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Purwoko Sukirman. Sedangkan komandan upacara dijabat oleh Kapolsek Karanganyar Iptu Aan Hariyawan. Perwira keamanan dijabat AKP Ngatijan.

Dalam pelaksanaan upacara, dilakukan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Purbalingga H Tongat SH MM dan pembacaan Ikrar oleh KNPI Purbalingga.

Upacara berjalan aman dan lancar, seluruh petugas upacara menjalankan tugasnya dengan baik. Hingga upacara berakhir situasi aman dan kondusif. Hadir tamu undangan dalam upacara ini diantaranya para Asisten Sekretaris Daerah, para Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua dan pengurus PKK, DharmaWanita, para Camat, dan BUMD/BUMN di Purbalingga. (Gn/Humas)

BACA JUGA   Banyaknya Angkatan Kerja Perempuan, Keberadaan Taman Penitipan Anak Penting di Purbalingga