Home Kabupaten Purbalingga Pantau Pemerintahan Desa, Bupati Sowan Rakyat

Pantau Pemerintahan Desa, Bupati Sowan Rakyat

640
0

PurbalinggaNews  – Memastikan seluruh jajarannya bergerak sesuai dengan visi – misi utamanya ditingkat pemerintahan desa, Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mulai melaksanakan kegiatan “Bupati Sowan Rakyat”. Bupati Tasdi mengawali kegiatan itu di Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol, sedangkan Wabup Tiwi di Desa Danasari Kecamatan Karangjambu, Sabtu kemarin (17/9/2016).

Bupati Tasdi mengungkapkan, kegaitan yang diadakan sebulan sekali pada hari Sabtu, selain bertujuan untuk silaturahmi juga untuk mengecek kegiatan administrasi desa, memotifasi dan ikut menggerakan pembangunan di desa dengan terlibat langsung dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

“Saya ingin mengetahui langsung kegiatannya apa. Kita cek,pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan harus jalan. Makanya kita pilih hari Sabtu yang biasanya kosong dari kegiatan,” kata Tasdi disela-sela Nukang Bareng Rakyat dalam kegiatan pembuatan rabat beton Dukuh Tegalsari Desa setempat.

Bupati menegaskan, kegiatan Bupati Sowan Rakyat akan terus dilakukan pada seluruh desa/kelurahan yang ada di kabupaten Purbalingga. Pada setiap kegiatan dibagi menjadi dua tim yakni Tim I bersama Bupati dan Tim II dipimpin oleh Wakil Bupati.

“Kegiatan perdana Pak Bupati di Desa Karangsari, Karangmoncol dan Bu Wakil Bupati di desa Danasari, Karangjambu. Kegiatan berikutnya pada dua desa yang berbeda,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) R Imam Wachyudi.

Menurut Imam Wahyudi, pada setiap kegiatan Bupati Sowan Rakyat lebih dititikberatkan pada pembenahan administrasi pemerintahan desa. Utamanya pada pemenuhan kewajiban pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Peraturan Desa (Perdes) dan administrasi pembangunan desa lainnya.

“Ditingkat kabupaten sudah dilakukan percepatan perencanaan pembangunan termasuk percepatan penetapan APBD murni dan APBD Perubahan. Ditingkat Desa juga harus seirama dengan kebijakan ditingkat kabupaten. Kita lakukan pengecekan dan motivasi agar perencanaan kegiatan didesa juga dilakukan lebih awal,” katanya.

Selain melakukan pengecekan administrasi desa oleh tim dari Bapermasdes, Bupati dan Wakil Bupati juga melakukan pengecekan langsung kegiatan pembangunan desa. Di Desa Karangsari, Bupati melakukan pemantauan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Huda, kemudian menyambangi kegiatan masyarakat, Nukang bareng pembuatan rabat beton, Bupati Ngarit atau panen padi bersama masyarakat dan Tilik Posyandu Yugi Utami 2 desa setempat.

Di Desa Danasari, Karangjambu, Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi juga melakukan hal serupa. Setelah melakukan silaturahmi di Kantor Desa setempat, Wabup yang didampingi Asisten Sekda bidang Pemerintahan Kodadiyanto langsung meninjau aktifitas di masyarakat.  Selain mengunjungi kegiatan Posyandu, Wabup juga melakukan peninjauan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), menyambangi proses belajar mengajar di PAUD Widya Ernawa dan mengajar sekaligus memotivasi siswa SD Negeri 1 Danasari. (Tim Humas : Hardiyanto / Foto : Taufik H – Heri Herbowo)