Home Kabupaten Purbalingga Pembukaan TMMD Sengkuyung, Wabup Ikut Ngecor

Pembukaan TMMD Sengkuyung, Wabup Ikut Ngecor

415
0

PurbalinggaNews – Pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tingkat Kabupaten Purbalingga di lapangan Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang dibuka secara resmi serta dipimpin langsung Komandan Kodim 0702 Purbalingga Agustinus Sinaga, Kamis (7/5/2015). Usai pembukaan upacara Wakil Bupati Purbalingga beserta pimpinan FKPD Kabupaten Purbalingga langsung meninjau proyek fisik berupa rabat beton, pembangunan gorong-gorong dan talud. Dalam peninjauan tersebut, wabup juga membaur dengan TNI yang tengah melakukan pengecoran talud.

“Saya minta warga ikut menjaga dan memelihara sarana prasarana sebagai penunjang serta akses masyarakat  antar dusun yang masih mengalami kesulitan,”kata Wakil Bupati Purbalingga Tasdi dihadapan warga.

Perwira proyek yang juga Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim o702 Purbalingga Yacobus Winarto mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I dilaksanakan selama 21 hari. Sedangkan sasarannya adalah fisik dan non fisik.

“Untuk sasaran fisik adalah dengan membuat rabat beton, pembangunan gorong-gorong serta pembuatan talud. Dan sasaran non fisik berupa penyuluhan bidang mental ideologi, bidang kesadaran berbangsa serta bernegara, selain itu juga penyuluhan bidang kamtibmas, kesejahteraan masyarakat dan pertanian,”jelasnya.

Menurutnya, untuk sasaran fisik berupa pembuatan rabat beton dengan volume 800 M X 3 M X 0,12 M. Selanjutnya pembangunan gorong-gorong dengan volume 0,50 M X 4 M sebanyak dua buah dan pembuatan talud yang volumenya 0,40 X 0,30 X 1,5 X 1.600 M.

“Sumber dana kegiatan tersebut dari  APBD provinsi dan kabupaten sejumlah Rp262.500.000. Dan dukungan personel sebanyak 107 orang, TMMD juga memberikan manfaat antara lain untuk membuka jalan alternatif, memperlancar arus lalu lintas, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga  meningkatakan peran aktif masyarakat dan meningkatkan kesadaran bela Negara serta cinta tanah air,”jelasnya.

Saat membacakan sambutan Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD,  Agustinus Sinaga mengatakan, bahwa upacara hari ini juga bersamaan dengan pembukaan TMMD Ke 94 yang dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah kab/kota di seluruh tanah air.

 “Sebagaimana diketahui bersama program TMMD adalah kelanjutan program ABRI Masuk Desa ( AMD) yang telah dimulai sejak 1980. Selama 35 tahun program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementrian , lembaga pemerintah non dan masyarakat telah menghasilkan capaian yang tidak sedikit diseluruh pelosok tanah air,”jelasnya.

 Dandim juga menambahkan, TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkan  akslerasi pembangunan di daerah seperti  meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapakn wawasan kebangsaan dalam berkehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara.

“Namun capaian tersebut tidak menghentikan TNI AD untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan, agar TMMD tetap relevan dan membawa manfaat bagi masyarakat,”tuturnya. (Sukiman)